فعالية استخدام الفيلم الكرتوني محسن ومحاسن (Muhsin & Mahasin) باللغة العربية لترقية مهارة الاستماع والكتابة لطلاب الفصل الثامن في مدرسة رابطة الأصفياء المتوسطة الإسلامية جرسيك - Efektivitas penggunaan film kartun Muhsin dan Mahasin Berbahasa Arab untuk meningkatkan Maharah Istima’ dan Kitabah siswa Kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Izzatul (2023) فعالية استخدام الفيلم الكرتوني محسن ومحاسن (Muhsin & Mahasin) باللغة العربية لترقية مهارة الاستماع والكتابة لطلاب الفصل الثامن في مدرسة رابطة الأصفياء المتوسطة الإسلامية جرسيك - Efektivitas penggunaan film kartun Muhsin dan Mahasin Berbahasa Arab untuk meningkatkan Maharah Istima’ dan Kitabah siswa Kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatul Maula_D72219039 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan oleh peneliti terkait proses pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik. Banyak dari mereka yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya keterampilan menyimak dan menulis. Hal ini terjadi karena media yang digunakan masih menggunakan media tradisional. Sehingga siswa merasa bosan dan malas. Oleh karena itu, peneliti menerapkan media film kartun Muhsin dan Mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis. Peneliti membahas tentang “Efektivitas Penggunaan Film Kartun Muhsin dan Mahasin berbahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Istima’ dan Kitabah Siswa Kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menyimak siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik sebelum menggunakan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab, untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik sebelum menggunakan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab, untuk mengetahui penggunaan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik, untuk mengetahui penggunaan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik, Untuk mengetahui efektivitas penggunaan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik, untuk mengetahui efektivitas penggunaan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan meyimak siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik, Untuk mengetahui efektivitas penggunaan film kartun muhsin dan mahasin berbahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus t-test dengan sampel keseluruhan siswa kelas VIII dengan jumlah 21 siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil nilai T tabel berdasarkan uji t pada keterampilan menyimak = 15,27 dan nilai T tabel berdasarkan uji t keterampilan menulis = 12,30. Karena t hitung lebih besar t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan film kartun Muhsin dan Mahasin berbahasa Arab efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak dan menulis siswa kelas VIII MTs. Robithotul Ashfiya’ Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Izzatulizzatulmaula02@gmail.comD72219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Efektivitas; film kartun Muhsin dan Mahasin; keterampilan menyimak dan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Izzatul Maula
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:27
Last Modified: 03 Aug 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63960

Actions (login required)

View Item View Item