Pengaruh green accounting, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arizad, Moh. Sihab Buddin Nur (2023) Pengaruh green accounting, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan: studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Sihab Buddin Nur Arizad_G02219020 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan guna menguji dan membuktikan bahwa akuntansi hijau, profitabilitas, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan. Nilai perusahaan adalah salah satu faktor menarik dan penting diteliti karena dapat menjadi indicator yang sangat membantu bagi para investor, dan pihak pihak internal perusahaan. Dengan menambah faktor seperti akuntansi hijau, profitabilitas, dan ukuran perusahaan guna mengukur nilai perusahaan akan sangat mempermudah dalam mengukur resiko baik buruknya menginvestasikan modal kedalam perusahaan. Akuntansi hijau, profitabilitas, dan ukuran perusahaan semuanya berperan dalam menentukan nilai perusahaan, dengan fokus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI antara tahun 2019 dan 2021. Jenis kuantitatif deskriptif digunakan dalam pendekatan kuantitatif penelitian ini. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah deskripsi, investigasi, dan penjelasan tentang sesuatu yang dipelajari dalam bentuknya yang sekarang, serta penarikan kesimpulan dari fenomena yang dapat diamati secara numerik. Penelitian ini menggunakan data cross sectional yang diolah dengan software SPSS25, metode analisis regresi berganda, dan 48 sampel dari 63 populasi perusahaan diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akuntansi hijau tidak mempengaruhi nilai perusahaan, profitabilitas secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan secara signifikan, dan akuntansi hijau, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan signifikan bermanfaat bagi nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada para investor agar selalu teliti dan memperhatikan faktor yang penting dalam hal penanaman modal disuatu perusahaan. Selain itu perusahaan diharapkan memaksimalkan potensinya agar dapat menarik investor dengan melihat faktor faktor yang dapat membantu perusahaan berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arizad, Moh. Sihab Buddin Nurkougahama@gmail.comG02219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari LintangAshari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Bursa Saham
Lingkungan Hidup
Keywords: Nilai perusahaan; green accounting; profitabilitas; ukuran perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Moh. Sihab Buddin Nur Arizad
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:15
Last Modified: 02 Aug 2023 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63961

Actions (login required)

View Item View Item