فعالية تطبيق استراتيجية ملصق التعليقات (Poster Comment) بوسيلة الصورة لترقية مهارة الكتابة لدي الطلاب الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 11 جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Laili Khoirotun (2023) فعالية تطبيق استراتيجية ملصق التعليقات (Poster Comment) بوسيلة الصورة لترقية مهارة الكتابة لدي الطلاب الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 11 جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Laili Khoirotun Nisa_D92216069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa Arab memiliki empat maharah al-Luguhoh yaitu, al-Istimaa’, al-Kalam, al-Qiroah, dan al-Kitabah. Keempat berbahasa ini memiliki hubungan yang sangat erat, karena salah satu dari keterampilan tersebut tidak bisa berdiri sendiri tanpa ditunjang oleh kerampilan yang lain. Dalam pembelajaran maharah kitabah, Siswa kelas 8 di MTs Negeri 11 Jombang hanya bisa membaca tulisan Bahasa Arab dengan tepat tetpai mereka masih merasa kesulitan dalam hal kitabah (menulis). Siswa hanya menulis sesuai dengan apa yang dibaca atau didengar tanpa memperhatikan qoidah-qoidah Bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti menerapkan strategi poster comment dengan media gambar untuk meningkatkan maharah kitabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis Siswa kelas 8 di MTs Negeri 11 Jombang, untuk mengetahui penerapan strategi poster comment Siswa kelas 8 di MTs Negeri 11 Jombang, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi poster comment Siswa kelas 8 di MTs Negeri 11 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis pembahasan yang digunakan peniliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Dan metode pengumpulan datanya adalah rumus (T-Test) Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah H0 ditolak dan Ha diterima karena T hitung lebih besar dari T tabel, hasil T hitung = 8,45 dan T tabel = 1,697 dan 2,457. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi poster comment dengan media gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 8 di MTs Negeri 11 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Laili Khoirotunlaili050198@gmail.comD92216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhammad, Thohirmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077406
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Bahasa arab; kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Laili Khoirotun Nisa'
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:31
Last Modified: 08 Aug 2023 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64033

Actions (login required)

View Item View Item