Ekspresi semiotis toleransi dan eksklusivisme beragama dalam film Bumi Itu Bulat Karya Robert Ronny

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardianti, Wulan Ardina (2023) Ekspresi semiotis toleransi dan eksklusivisme beragama dalam film Bumi Itu Bulat Karya Robert Ronny. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Ardina Mardianti_E92219081.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ekspresi semiotis toleransi dan eksklusivisme beragama dalam film Bumi Itu Bulat yang dipengaruhi oleh adanya perbedaan pada sebuah kehidupan. Film ini cukup menarik untuk ditonton karena ceritanya yang ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana ekspresi semiotis toleransi dalam film Bumi Itu Bulat karya Robert Ronny?, 2) Bagaimana ekspresi semiotis eksklusivisme beragama dalam film Bumi Itu Bulat karya Robert Ronny?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan analisis semiotik model Roland Barthes khusus untuk menelaah penanda dan petanda pada sebuah objek yang menggunakan dua tahap pemaknaan yakni denotasi dan konotasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Bumi Itu Bulat yang berdurasi 103 menit terdapat 3 ekskpresi semiotis toleransi yakni (1) toleransi menghargai individu dan perbedaannya, (2) cinta kasih dan pemeliharaan dalam bentuk tolong menolong, dan (3) mengakui hak orang lain. Terdapat 3 bentuk eksklusivisme beragama; 1) intoleran, 2) cenderung fundamentalis, dan 3) tidak menganggap keberadaan agama lain sebagai sesuatu yang benar. Kata Kunci: Ekspresi, Semiotis, Toleransi, Eksklusivisme Beragama, Film

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardianti, Wulan Ardinawlnardn248@gmail.comE92219081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Toleransi
Film
Keywords: Ekspresi; semiotis; toleransi; eksklusivisme beragama; film
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Wulan Ardina Mardianti
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:54
Last Modified: 07 Aug 2023 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64040

Actions (login required)

View Item View Item