تحليل تطبيق تعلم التمايز(Differentiated Instruction) في تعلم اللغة العربية بمناهج التعلم المستقل في المدرسة العاليّة الحكوميّة ١ لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifqiyah, Nur Alfin Nafidzatur (2023) تحليل تطبيق تعلم التمايز(Differentiated Instruction) في تعلم اللغة العربية بمناهج التعلم المستقل في المدرسة العاليّة الحكوميّة ١ لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Alfin Nafidzatur Rifqiyah_D92219079.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur , implementasi, dan faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa arab di man 1 lamongan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Kualitatif fenomenologi menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan hal-hal, yakni pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Arab sudah dilakukan dengan hakikatnya, baik dari penerapan langkah-langkahnya sampai pada implementasinya. Sedangkan, hambatan yang dialami guru ketika menajalankan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa arab ialah dari sisi waktu yang terbatas. Peneliti dapat menarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa arab berakar pada pemetaan kebutuhan belajar Bahasa Arab siswa. Pemetaan kebutuhan belajar siswa ini didapat melalui survei awal, pretes atau dikenal dengan istilah asesmen diagnostik. Selanjutnya, guru merancang pembelajaran bahasa arab sesuai hasil pemetaan. Guru juga melakukan evaluasi dan refleksi. Namun, mendiferensiasi pembelajaran bukan berarti guru membuat materi yang berbeda-beda per satu siswa; mengajar dengan cara yang berbeda per satu siswa; apalagi membuat paket soal evaluasi yang berbeda-beda per satu siswa. Variasi atau diferensiasi ini memerlukan lebih banyak waktu untuk melakukannya dan waktu inilah yang sering menjadi hambatan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada mata pelajaran bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifqiyah, Nur Alfin Nafidzaturnuralfin66@gmail.comD92219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii@uinsa.ac.id2018107002
Subjects: Kurikulum
Keywords: Diferensiasi pembelajaran; kurikulum merdeka belajar; bahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Alfin Nafidzatur Rifqiyah
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:03
Last Modified: 15 Aug 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64102

Actions (login required)

View Item View Item