Representasi agama dalam podcast lintas agama pada kanal youtube daniel mananta: tinjauan teori representasi Stuart Hall

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Umi (2023) Representasi agama dalam podcast lintas agama pada kanal youtube daniel mananta: tinjauan teori representasi Stuart Hall. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Habibah_E02219034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah konten Youtube Daniel Mananta dalam kajian representasi agama pada konten lintas agamanya. Hal ini dilatarbelakangi karena mengingat bahwa Youtube merupakan salah satu media yang memiliki peran yang cukup penting dalam mengonstruksikan hal tersebut. Terlebih melihat bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai keberagaman terutama dalam segi keyakinan sehingga hal ini tentu memiliki sumbangsih yang cukup besar dalam membangun masyarakat yang multikultural. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori representasi Stuart Hall untuk melihat (i) bagaimana Daniel Mananta dalam menipologikan agama, serta (ii) bagaimana agama direpresentasikan dalam kanal Youtubenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) terdapat 4 tipologi yang Daniel Mananta lakukan yakni inklusivisme, pluralisme, eklektisisme, dan universalisme yang penulis hasilkan berdasarkan dari ungkapan atau pernyataan-pernyataan Daniel Mananta. Sedangkan (ii) dalam tayangan Youtube Daniel Mananta ini agama digambarkan sebagai sesuatu yang positif. Peneliti menemukan bahwa agama digambarkan sebagai suatu produk yang mampu mendamaikan umat manusia, mampu menjadi jalan dalam menjalin persaudaraan, serta sebagai tempat berinteraksi dan berbagi insformasi antar umat beragama. Di mana hal tersebut terbukti dari bahasa-bahasa maupun ungkapan dari Daniel Mananta, karena dengan bahasa yang ia gunakan mampu memproduksi serta menunjukkan bagaimana ia dalam merepresentasikan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Umiumihabibah276@gmail.comE02219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id2021048202
Subjects: Agama
Kerukunan Beragama
Media Sosial
Keywords: Representasi; agama; youtube; Daniel Mananta
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Umi Habibah
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:53
Last Modified: 09 Aug 2023 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64109

Actions (login required)

View Item View Item