Hubungan social anxiety dan loneliness dengan problematic internet use pada Mahasiswa pengguna media sosial Tiktok di Surabaya Raya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Retno Edya (2023) Hubungan social anxiety dan loneliness dengan problematic internet use pada Mahasiswa pengguna media sosial Tiktok di Surabaya Raya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Retno Edya Permatasari_J91219122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Problematic internet use merupakan sindrom multidimensional yang berkaitan dengan gejala pada perilaku dan kognitif berlebihan dalam penggunaan internet. Problematic internet use yang tinggi dapat menyebabkan dampak buruk bagi individu dalam psikologis, akademik, kesehatan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social anxiety dan loneliness dengan problematic internet use. Rancangan penelitian ini menggunkan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 230 mahasiswa yang menggunakan media sosial Tiktok di Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik). Ada tiga instrument dalam penelitian ini yaitu Generalized Problematic Internet Use Scales 2 (GPIUS 2), Social Anxiety Scale Adolensce (SAS A), dan UCLA Loneliness Scale Version 3. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya social anxiety dan loneliness masing masing mempunyai hubungan bersifat positif yang signifikan dengan problematic internet use pada mahasiswa pengguna media sosial Tiktok di Surabaya Raya dengan nilai R square (koefisien determinasi) diperoleh sebesar 0,211 / 21,1%. Social anxiety dan loneliness juga bersama sama berkontribusi dengan problematic internet use.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Retno Edyaretnoedya44@gmail.comJ91219122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Internet
Media Sosial
Psikologi Sosial
Keywords: Social anxiety; loneliness; problematic internet use; media sosial Tiktok
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Retno Edya
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:31
Last Modified: 29 Aug 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64172

Actions (login required)

View Item View Item