Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui model pembelajaran struktural analitik sintetik pada siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paramitha, Anissa Niken Tina (2023) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui model pembelajaran struktural analitik sintetik pada siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ANISSA NIKEN TINA P._D97219064.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan data awal yang diperoleh, dari 22 siswa hanya terdapat 4 siswa yang tuntas nilainya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yakni 70, dan 18 siswa yang lainnya tidak tuntas. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAS dalam meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui model pembelajaran SAS siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdapat 4 tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Badrussalam Surabaya yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan model pembelajaran SAS dalam meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 80 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 81 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91. 2) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui model SAS nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 47 meningkat pada siklus I sebesar 68 dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 85. Prosentase ketuntasan meningkat dari siklus I sebesar 68,18% menjadi 86,36%. Pada siklus II sudah mencapai indikator kriteria kinerja ≥ 80% dan siswa memperoleh hasil diatas KKM yaitu ≥ 70 sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paramitha, Anissa Niken Tinanikentina127@gmail.comD97219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti-2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Keterampilan
Menulis
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan keterampilan; menulis tegak bersambung; model struktural analitik sintetik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anissa Niken Tina Paramitha
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:28
Last Modified: 15 Aug 2023 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64210

Actions (login required)

View Item View Item