Perancangan eduwisata budidaya ikan bandeng di Kabupaten Gresik dengan pendekatan Eco-Cultural

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-Labib, Muhammad Hafid (2023) Perancangan eduwisata budidaya ikan bandeng di Kabupaten Gresik dengan pendekatan Eco-Cultural. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafid Al-Labib_H03219009 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

PERANCANGAN EDUWISATA BUDIDAYA IKAN BANDENG DI KABUPATEN GRESIK DENGAN PENDEKATAN ECO-CULTURAL Gresik memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan budaya berupa budidaya perikanan yang menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang ditetapkan sebagai percontohan pengembangan perikanan budidaya dengan komoditas utama bandeng dan udang. Meskipun potensi yang dimiliki Kabupaten Gresik dalam hal pemanfaatan ikan bandeng terlihat cukup menjanjikan, ternyata tak semua penambak bandeng di Gresik bisa memiliki lahan yang cukup luas.Adapun tujuan dari penyusunan seminar ini adalah untuk membuat strategi merancang eduwisata budidaya ikan bandeng di Kabupaten Gresik dengan pendekatan eco-cultural. Eduwisata Budidaya Ikan Bandeng ini adalah sebuah tempat pembelajaran, penelitian, dan hiburan. Pendekatan Eco- Culture dapat memberikan pemahaman objek dengan memperhatikan aspek lingkungan dan kebudayaan tanpa menghilangkan unsur lokal suatu daerah. Pendekatan ini dipilih karena sebuah pendekatan yang menggabungkan unsur lingkungan dan kebudayaan. Perancangan ini juga di dasari dengan usaha dan upaya pelestarian bangunan melalui bangunan,objek wisata,dan ekonomi. Dengan tujuan obyek wisata yang didalamnya dapat menjadikan wisatawan lebih bersyukur, mengagungi ciptaan Allah dan dapat mengambil pelajaran dari masa lalu yang dapat dijadikan bekal masa depan terutama wisata yang berbasis tadabbur alam dan budaya (Eco-Cultural) yang di tuangkan dalam perancangan Eduwisata Budidaya Ikan Bandeng.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-Labib, Muhammad Hafidhafid.allabib@gmail.comH03219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Estetika
Ikan
Ikan > Perikanan Tambak
Keywords: Eduwisata; Budidaya; Pariwisata; Gresik; Eco-Cultural.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Muhammad Hafid Al labib
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:46
Last Modified: 10 Aug 2023 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64228

Actions (login required)

View Item View Item