Improving students' understanding of grammatical feature in English Narrative Writing Through Color Contrast Text At The Eighth Grade Students of SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurachmad, Hashemi (2016) Improving students' understanding of grammatical feature in English Narrative Writing Through Color Contrast Text At The Eighth Grade Students of SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas implementasi color contrast text dalam penulisan narasi bahasa Inggris dan untuk mengetahui respon siswa kelas VIII SMPN 5 Surabaya dalam penggunaan color contrast text di penulisan narasi bahasa Inggris. Penellitian dilakukan pada bulan Desember 2013 sampai dengan bulan Februari 2014 di SMPN 5 Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H dengan menggunakan desain peneletian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Desain penelitian ini digunakan untuk mengkaji implementasi color contrast text dalam meningkatkan pemahaman fitur gramatikal di dalam penulisan narasi bahasa Inggris. Penelitian ini juga menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Tes diberikan sebelum implementasi dan sesudah implementasi. Hasil tes tersebut dianalisis untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari sebelum implementasi dan sesudah implementasi. Sedangkan hasil kuesioner digunakan untuk mengetahui respon siswa dalam implementasi color contrast text. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis siswa. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pre test adalah 66, post test 1 adalah 75, dan post test 2 adalah 85. Perhitungan t-test dari pre test dan post test 1 adalah 12.7 sedangkan perhitungan t-test dari post test 1 dan post test 2 adalah 11. Untuk nilai fitur gramatikal, perhitungan t-test antara pre test dan post test1 dan juga antara post test 1 dan post test 2 adalah 9.6. Sedangkan t table untuk 39 siswa adalah 2.02. Karena t test lebih tinggi dari t table, maka dapat disimpulkan bahwa adannya peningkatan dari pre test ke post test. Hasil kuesioner menunjukkan, 92.3% siswa merasa adanya peningkatan kemampuan menulis, 92.3% siswa merasa lebih mudah memahami fitur gramatikal dalam teks narasi dengan menggunakan color contrast text, 77% siswa setuju bahwa color contrast text membantu mereka dalam penulisan narasi bahasa Inggris. Dari hasil penelitian keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa color contrast text dapat meningkatkan pemahaman fitur gramatikal pada penulisan narasi bahasa Inggris dan siswa juga mendukung adanya implementasi color contrast text

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurachmad, Hashemi--D35208027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
Subjects: Bahasa Inggris
English Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: HASHEMI NURACHMAD
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:32
Last Modified: 15 Jan 2020 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item