Analisis hukum Islam dan fatwa dsn no.117/DSN-MUI/II/2018 terhadap pembiayaan online di aplikasi Duha Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyiida, Maulidatul Ilma (2023) Analisis hukum Islam dan fatwa dsn no.117/DSN-MUI/II/2018 terhadap pembiayaan online di aplikasi Duha Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidatul Ilma Rosyiida_C02217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian normatif dengan judul “Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN No. 117/DSN-MUI/II/2018 Terhadap Pembiayaan Online Di Aplikasi Duha Syariah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab rumusan masalah mengapa pembiayaan online pada Aplikasi Duha Syariah menggunakan akad Murabahah dan Ijarah, bagaimana pembiayaan online pada aplikasi Duha Syariah dijalankan dan bagaimana analisis Fatwa DSN No. 117/DSN-MUI/II/2018 terhadap pembiayaan online di aplikasi duha syariah. Skripsi ini merupakan penelitian hukum normatif atau yuridis normatif. Dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep, yang membahas tentang pembiayaan online di aplikasi duha syariah dilihat dari prespektif hukum Islam dan Fatwa DSN No. 117/DSN-MUI/II/2018, yang kemudian dianalisis menggunakan teknis deskriptif deduktif yang selanjutnya akan disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit. Hasil dari penelitian ini disimpulkan Pembiayaan dengan menggunakan akad murabahah di aplikasi duha syariah tidak sejalan dengan konsep syariat Islam tentang murabahah yang mana ada beberapa syarat yang tidak terpenuhi dalam implementasinya, seperti tidak tersedianya barang di pihak duha syariah ketika terjadi kesepakatan (sighat) dengan nasabah. Selain itu adanya jaminan yang diberikan dalam bentuk slip gaji nasabah dan dua nomor darurat. Pembiayaan dengan akad murabahah di duha syariah lebih mirip dengan akad (utang piutang). Pembiayaan di duha syariah sesuai dengan Fatwa DSN MUI Nomor 04/DSNMUI/IV/2000 tentang Mura>bahah dan Fatwa DSN-MUI Nomor 117/DSNMUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan prinsip Syariah. Penulis memberikan saran bahwa terdapat beberapa pembedaan konsep tentang murabahah dalam perspektif syariat Islam dengan Fatwa DSN Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan prinsip Syariah yakni perihal ketersediaan barang dalam akad murabahah serta pemaknaan biaya tambahan dalam akad tersebut. Meskipun demikian hal tersebut tidak menjadi problem sepanjang tidak merugikan dan memberatkan nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyiida, Maulidatul Ilmamaulidailma384@gmail.comC02217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Ummi-2010097401
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Ekonomi
Muamalat Muamalah
Keywords: Hukum Islam; fatwa dsn no.117/DSN-MUI/II/2018; pembiayaan online
Depositing User: Maulidatul Rosyiida
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:18
Last Modified: 14 Aug 2023 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64266

Actions (login required)

View Item View Item