Komodifikasi agama pada iklan: analisis Charles Sander Pierce pada iklan produk lifebuoy dan wardah edisi bulan ramadhan tahun 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah, Nur (2023) Komodifikasi agama pada iklan: analisis Charles Sander Pierce pada iklan produk lifebuoy dan wardah edisi bulan ramadhan tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aisah_E92219073 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini membahas tentang fenomena komodifikasi agama, yaitu transformasi nilai keyakinan sebagai nilai tukar yang bisa dipasarkan untuk tujuan komersial. Penelitian akan menganalisis isi dari konten iklan pada produk Lifebuoy dan Wardah yang menggunakan momen bulan Ramadhan sebagai momentum pemasaran. Skripsi ini mengangkat dua permasalahan yang akan dijadikan rumusan masalah diantaranya bagaimana mengidentifikasi tanda komodifikasi agama pada isi iklan produk Lifebuoy dan Wardah, kemudian apa saja tanda yang terindentifikasi komodifikasi agama pada iklan produk Lifebuoy dan wardah. Skripsi ini menggunakan teori analisis semiotik milik Charles Sanders Pierce. Dalam analisis semiotika, penelitian ini bertujuan untuk mencari makna di balik tanda atau simbol, termasuk dalam konteks teks, iklan, atau berita. Skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mengkaji mengenai tanda-tanda melalui metode penelitian media. Dan diperkuat dengan data primer berupa kata-kata, gerak tubuh atau perilaku yang ada pada objek penelitian yang tidak lain adalah konten iklan pada beberapa produk yang dianalisis. Dan sumber sekunder berasal dari jurnal, buku, artikel, tesis yang berhubungan dengan topik yang sama. Hasil dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Dalam iklan Lifebuoy dan Wardah, nilai-nilai dan praktik keagamaan digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menciptakan koneksi emosional dengan audiens yang beragama Islam. Perbedaan antara iklan Lifebuoy dan Wardah dalam hal penekanan dan intensitas penggunaan elemen-elemen keagamaan yang dapat mempengaruhi persepsi dan tanggapan emosional konsumen. Komodifikasi agama pada iklan Wardah tidak terlihat sejelas pada iklan Lifebuoy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah, Nuraisahnuraisah466@gmail.comE92219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id2021048202
Subjects: Iklan
Media Sosial
Keywords: Komodifikasi Agama; Analisis Semiotika; Iklan Lifebuoy dan Wardah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Aisah
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:11
Last Modified: 11 Aug 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64276

Actions (login required)

View Item View Item