التحليل النفسي لشخصية الشاب في القصة القصيرة "أنا الموت" لتوفيق الحكيم (بحث في علم الأدب النفسي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Hidayatul (2023) التحليل النفسي لشخصية الشاب في القصة القصيرة "أنا الموت" لتوفيق الحكيم (بحث في علم الأدب النفسي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatul Khusna_A71219048 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-maut” karya Taufiq Al Hakim dan faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim menurut teori Sigmund Freud?, dan 2. Apa faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim menurut teori Sigmund Freud. 2. faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim. Cerpen ini menceritakan tentang seorang pemuda yang berkepribadian pemarah dan keras kepala, yang merasa putus asa sehingga ingin mengakhiri hidupnya dengan melompat ke lautan bebas. Hal itu dilakukan karena ia mengalami permasalahan hidup yang telah lama ia pendam. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra oleh Sigmund Freud, yang mana ia membagi kepribadian menjadi tiga, yaitu: id, ego, dan superego. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra dan data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan dari cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kepribadian tokoh pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim menurut teori Sigmund Freud lebih dominan ditemukan adalah Id sejumlah 15 data yang mana id dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu pemarah, ditemukan sebanyak 6 data dan keras kepala ditemukan sebanyak 9 data. Adapun ego yang ditemukan sejumlah 6 data, dan superego 3 data. 2. Faktor yang mempengaruhi kepribadian tokoh Pemuda dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim adalah faktor genetik (bawaan), faktor lingkungan, dan faktor pengalaman hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Hidayatulhusnahidayatul654@gmail.comA71219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Psikologi
Keywords: Kepribadian; Cerpen Ana al-Maut; Taufiq Al-Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hidayatul Khusna
Date Deposited: 10 Aug 2023 05:51
Last Modified: 10 Aug 2023 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64280

Actions (login required)

View Item View Item