القيم الأخلاقية في أسطورة "قاضي الغابة" لكامل كيلاني (دراسة تحليلية مضمونية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alkhalish, Muhammad Raihan Tsani (2023) القيم الأخلاقية في أسطورة "قاضي الغابة" لكامل كيلاني (دراسة تحليلية مضمونية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Raihan Tsani Alkhalish_A01219024 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam fabel “Qo ̅dhi ̅ Al-Gho ̅bah” karya Kamil Kaylani. Data dari penelitian ini adalah kalimat-kalimat dan teks yang ada pada salah satu karya sastrawan Mesir yakni Kamil Kaylani yang berupa fabel berjudul “Qo ̅dhi ̅ Al-Gho ̅bah”, yang mengandung nilai-nilai moral yang disampaikan oleh pengarang yang tersirat dalam cerita dan berpadu secara koherensif dengan unsur-unsur cerita yang lain seperti unsur-unsur intrinsik. Pengumpulan, penyeleksian atau reduksi data, dan penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima unsur intrinsik dalam fabel “Qo ̅dhi ̅ Al-Gho ̅bah” yaitu ; 1) Tema, berupa pesan moral dan pelajaran kehidupan. 2) Tokoh, yang terdiri dari tiga tokoh yakni Bisbis, Misymisy dan Maimun. 3) Alur, yang terdiri dari permulaan, pemunculan konflik, puncak konflik atau klimaks, peredaan konflik, dan penyelesaian cerita. 4) Latar, yang terdiri dari latar tempat dan latar waktu. Latar tempat dalam fabel ini berupa rumah seseorang dan hutan, sedangkan latar waktu dalam fabel ini berupa pagi dan siang hari. 5) Amanat atau pesan cerita, yang berisi enam pesan yakni ; 1) Pertengkaran dan perpecahan hanya akan menambah permasalahan. 2) Perbuatan tidak baik hanya akan menimbulkan penyesalan di akhir. 3) Pentingnya untuk tidak mudah percaya kepada orang yang tidak kita kenal. 4) Perdamaian adalah pilihan terbaik karena akan memberikan akhir yang indah. 5) Pentingnya teguh pendirian dan keyakinan dimanapun berada. 6) Menolong dan membantu orang adalah hal yang patut ditanamkan. Selain itu, terdapat 2 macam moral yakni moral baik dan buruk. Moral baik yang ditemukan meliputi ; 1) Nilai Keberanian. 2) Nilai Optimisme. 3) Nilai Keramahan. 4) Nilai Keadilan. 5) Nilai Perdamaian. 6) Nilai Kekuatan. 7) Nilai Saling Menasehati. Sedangkan moral buruk yang ditemukan meliputi ; 1) Nilai Ketakutan. 2) Nilai Kikir. 3) Nilai Licik. 4) Nilai Khianat. 5) Nilai Egoisme. 6) Nilai Keserakahan. 7) Nilai Pesimisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alkhalish, Muhammad Raihan Tsanimuhammadraihan37@gmail.comA01219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com--
Subjects: Adab
Sastra
Dongeng
Keywords: Nilai Moral; Fabel; Kamil Kaylani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Raihan Tsani Alkhalish Alkhalish
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:51
Last Modified: 16 Aug 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64315

Actions (login required)

View Item View Item