Perbedaan self disclosure pada mahasiswa pengguna media sosial ditinjau dari tipe kepribadian dan gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Monela, Reika (2023) Perbedaan self disclosure pada mahasiswa pengguna media sosial ditinjau dari tipe kepribadian dan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
REIKA MONELA_J91219121.pdf

Download (12MB)

Abstract

Self disclosure ialah suatu bentuk komunikasi dimana berisi pengungkapan mengenai diri sendiri yang dilakukan kepada orang lain berupa informasi perilaku, sikap, perasaan, keinginan, motivasi, serta ide yang terdapat dalam diri. Self Disclosure yang rendah cenderung memiliki dampak negatif, seperti kesulitan menyesuaikan diri, kekurangan kepercayaan diri, timbul perasaan takut, cemas, merasa rendah diri, dan lebih tertutup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self disclosure yang ditinjau dari tipe kepribadian dan gender. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparasi dengan melibatkan 200 mahasiswa aktif berusia 18-24 tahun yang menggunakan media sosial Twitter, Instagram dan WhatsApp. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini memakai metode non probability sampling dengan teknik insindental sampling. Pada penelitian ini mengguanakan dua skala yaitu Revised Self Disclosure Scale (RSDS) untuk variabel self disclosure dan International Personality Item Pool-Big Five Factor Marker 25 (IPIP-BFM-25) untuk variabel tipe kepribadian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self disclosure pada mahasiswa pengguna media sosial yang ditinjau dari tipe kepribadian dan gender. Self disclosure pada mahasiswa perempuan lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki, selain itu mahasiswa dengan kepribadian extraversion memiliki tingkat kepribadian paling tinggi, sedangkan tipe kepribadian openness memiliki self disclosure paling rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Monela, Reikareikamonela5@gmail.comJ91219121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Gender
Media Sosial
Psikologi Sosial
Keywords: self disclosure; tipe kepribadian; extraversion; gender
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Reika Monela
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:01
Last Modified: 06 Sep 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64317

Actions (login required)

View Item View Item