Perancangan rumah susun sederhana sewa di Surabaya dengan pendekatan green architecture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyada, Millah Fitri (2023) Perancangan rumah susun sederhana sewa di Surabaya dengan pendekatan green architecture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MILLAH FITRI ROSYADA_H73219026.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pada tahun 2022, DPRKPP mencatat bahwa masih terdapat banyak orang yang mengantri untuk masuk ke rusunawa. Berdasarkan data yang terdapat dalam aplikasi e-rusun, terdapat sekitar 11 ribu pemohon. Namun, setelah data tersebut disinkronisasi dengan data SIMBR yang dimiliki oleh DinSos, hanya terdapat 5 ribu pemohon yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Pemkot Surabaya telah menyiapkan sebuah proyek perumahan sederhana sewa yang mengusung konsep ekonomi kerakyatan. Menurut UU RI Nomor 26 Tahun 2007 dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2007 yang mengatur tentang Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Perkotaan, wilayah kota di Indonesia harus mempertahankan setidaknya 30% dari total luas wilayah sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tujuan dari perancangan rusunawa adalah memenuhi kebutuhan perumahan bagi penduduk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) serta meningkatkan kualitas hunian modern di area-area yang berdekatan dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi. Mengintegrasikan solusi bangunan green architecture di unit rumah bersubsidi dapat mengembalikan lingkungan sosial dan ekonomi yang penting bagi penduduk berpenghasilan rendah dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan menggunakan pendekatan konsep Green Architecture pada objek perancangan bertujuan untuk menciptakan bangunan yang ramah lingkungan, energi efisien, dan berkelanjutan. Terutama untuk mengatasi permasalahan kondisi eksisting pada site dan lingkungan sekitarnya. Beberapa hasil penerapan pendekatan green architecture pada objek terletak pada konsep tapak yang berkaitan dengan zona sirkulasi, tata massa, area servis, dan fasilitas penunjang, seperti taman, taman untuk lansia, taman anak-anak, TPS (Tempat Pemrosesan Sampah), dll. Selain itu, penerapan pendekatan juga dilakukan dengan memastikan menggunakan material ramah lingkungan, grey water recycle, dan penggunaan peralatan listrik hemat energi untuk menghindari konsumsi energi berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyada, Millah Fitrimillahfitri12@gmail.comH73219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Perumahan
Teknik Sipil
Sewa
Keywords: Rusunawa; green architecture; masyarakat berpenghasilan rendah; perancangan rumah; desain
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Millah Fitri Rosyada
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:52
Last Modified: 15 Aug 2023 05:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64325

Actions (login required)

View Item View Item