Bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan art therapy untuk mengatasi kemampuan belajar anak slow leaner di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohana, Siti (2023) Bimbingan dan konseling Islam dengan menggunakan art therapy untuk mengatasi kemampuan belajar anak slow leaner di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rohana_B93217160.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Siti Rohana_B93217160_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai seorang anak yang mengalami keterlambatan belajar atau ketanggapan dalam komunikasi di saat belajar atau sosial dan akhirnya dalam penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling islam dengan mengunakan Art Therapy untuk Mengatasi Kemampuan Belajar Anak Slow Learner di Surabaya? (2) Bagaimana hasil Bimbingan dan Konseling islam dengan mengunakan Art Therapy untuk Mengatasi Kemampuan Belajar Anak Slow Learner di Surabaya? Dengan begitu metode penelitian yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, kemudian dilakukan analisis menggunakan deskriptif komparatif yakni membandingkan proses bimbingan dan konseling sebelum dan sesudah dilakukannya Art Therapy menggunakan media warna dan pasir. Art Therapy yang dilakukan untuk mengatasi kemampuan belajar anak slow leaner dengan media warna dan pasir untuk meningkatkan motivasi anak dalam belajar dan memudahkan anak dalam memahami pembelajaran. Hasil dari proses Art Therapy dengan media warna dan pasir ini dapat dikatakan berhasil dibuktikan dengan meningkatnya pemhaman dalam pembelajaran dan perubahan tingkah laku konseli. dengan begitu dapat di simpulkan bahwa konseli membutuhkan pendampingan khusus dalam belajar dan media yang menarik untuk mengatasi kemampuan belajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohana, Sitisiti.rohana2919@gmail.comB93217160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Belajar
Keywords: Art therapy; kemampuan belajar anak; slow learner
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Rohana
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:05
Last Modified: 05 Feb 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64331

Actions (login required)

View Item View Item