تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند كتابة الطلاب بمعهد ماس للتربية الإسلامية سيدوارجو - Analisis kesalahan Nahwu di I'rab pada tulisan siswa Pondok Pesantren MAS Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khan, Syifauddin Haikal (2023) تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند كتابة الطلاب بمعهد ماس للتربية الإسلامية سيدوارجو - Analisis kesalahan Nahwu di I'rab pada tulisan siswa Pondok Pesantren MAS Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifauddin Haikal Khan_A01219034 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu skill keterampilan berbahasa yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Ilmu Nahwu merupakan salah satu ilmu penting bagi siswa dan santri yang sedang belajar Bahasa Arab. Meskipun di beberapa sekolah dan pondok sudah mengajarkan tentang ilmu nahwu, namun realitanya masih ada siswa yang menulis teks Arab tidak sesuai dengan kaidah nahwunya. Dari paparan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan analisis kesalahan nahwu di i'rab pada tulisan siswa Pondok Pesantren MAS Sidoarjo. Menggunakan rumusan masalah: apa saja macam-macam, bentuk-bentuk, dan sebab-sebab kesalahan nahwu di i'rab pada tulisan siswa Pondok Pesantren MAS Sidoarjo. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pertemuan, pengujian, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam menganalisis kesalahan yaitu menentukan kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menafsiri sebab terjadinya kesalahan, dan yang terakhir membenarkan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Macam kesalahan nahwu dalam i'rab rafa' ada 6 kesalahan, i 'rab nashab 28 kesalahan, i'rab jar 20 kesalahan, dan 2 kesalahan dalam i'rab jazem (2) Bentuk kesalahan dalam isim mufrad ada 26, pada asma’ khamsah ada 4, pada isim ghairu munsharif ada 3, pada jamak taksir ada 7, pada jama’ mudzakkar salim ada 3, pada fi’il madhi ada 1, dan 3 kesalahan pada fi'il mudhari'. (3) 36 kesalahan disebabkan penerapan aturan yang tidak sempurna atau kurangnya praktek, dan 7 kesalahan yang disebabkan over generalitation.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khan, Syifauddin Haikalhaikalkhan767@gmail.comA01219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauhar, Nasaruddin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kesalahan; nahwu; i'rab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Syifauddin Haikal Khan
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:45
Last Modified: 16 Aug 2023 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64333

Actions (login required)

View Item View Item