Redesain perpustakaan umum daerah dengan pendekatan eco - aesthetic di Kabupaten Grobogan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Dimas Dicky (2023) Redesain perpustakaan umum daerah dengan pendekatan eco - aesthetic di Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dimas Dicky Darmawan_H93219039.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perpustakaan umum daerah sebagai salah satu wadah bagi masyarakat dan kemajuan pendidikan di suatu daerah menjadi hal yang sangat penting untuk di perhatikan. perpustakaan umum daerah memainkan peran penting dalam memberikan akses pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat. Fasilitas yang memadai dan nyaman di perpustakaan dapat meningkatkan minat baca dan pembelajaran, serta memberikan tempat yang nyaman bagi pengunjung. Di Kabupaten Grobogan sendiri minat baca masih kurang dan pada tahun 2020 menurut RPJMD Kabupaten Grobogan mengalami penurunan jumlah pengunjung, jumlah pengjunjung berbanding lurus dengan jumlah koleksi buku setiap tahunnya. Dan minat baca yang kurang akibat ketidaktertarikan untuk berkunjung di perpustakaan, Maka dari itu perlunya meningkatkan kualitas perpustakaan di Kabupaten Grobogan. Dengan memperhatikan fasilitas, kenyamanan, desain perpustakaan, estetika perpustakaan itu sendiri untuk menarik pengunjung serta desain yang memperhatikan aspek lingkungan. Untuk itu pada perancangan ini membutuhkan sebuah pendekatan yang dapat menarik pengunjung yaitu Eco – Asthetic dapat digunakan dalam perancangan perpustakaan untuk menarik minat pengunjung dan menciptakan lingkungan yang indah dan ramah lingkungan. Pendekatan Eco – Asthetic dapat menarik pengunjung karena menyajikan lingkungan yang indah dan sejuk (Yang Li, 2019 ). Keseimbangan antara Estetika dan Lingkungan, menggabungkan keindahan estetika dengan keberlanjutan lingkungan. Desain yang menyatu dengan alam, penggunaan bahan-bahan alami, serta integrasi unsur-unsur alam seperti tanaman dan cahaya alami, menciptakan lingkungan yang menarik dan menyegarkan bagi pengunjung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Dimas Dickydimasdickydarmawan@gmail.comH93219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamegaayundya@uinsby.ac.id2010038701
Subjects: Arsitektur
Estetika
Teknik Sipil
Keywords: Perpustakaan; eco – aesthetic; minat baca
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dimas Dicky Darmawan
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:27
Last Modified: 21 Aug 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64343

Actions (login required)

View Item View Item