القصر في سورتي يس والنحل أقسامه وطرقه (دراسة بلاغية مقارنة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tasya, Shinta Salisa Badruk (2023) القصر في سورتي يس والنحل أقسامه وطرقه (دراسة بلاغية مقارنة). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Salisa Badruk Tasya_A01219031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surat Yasin dan surat An-Nahl merupakan surat yang memiliki keistimewaan dan banyak kandungan ilmu di dalamnya yang memungkinkan untuk dianalisis khususnya analisis Qoshr macam-macamnya dan cara meng-Qoshr yang merupakan cabang dari ilmu Ma’ani. Adapun Qoshr adalah mengkhususkan sesuatu dengan sesuatu yang lain dengan cara tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ayat-ayat Qashr yang terdapat dalam surah Yasin dan surat An-Nahl dan menganalisis macam-macam Qashr yang ada di dalamnya dan tanda-tanda yang menunjukkan Qashr. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah analis data secara deskriptif yang mendeskripsikan kalimat Qashar dalam surah Yasin dan An-Nahl. Dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah penelitian sendiri (Human Instrument). Setelah pengumpulan data, dilakukan analisis data yang meliputi: Paparan data dan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Ayat-ayat yang mengandung Qashr dalam surat Yasin dan surat An-Nahl sebanyak 30 ayat. Dalam surat Yasin terdapat 10 Qosr Haqiqi, dan 3 Qosr Idhofi. Adapun dalam surat An-Nahl terdapat 11 Qosr Haqiqi, dan 6 Qosr Idhofi. Dengan menggunakan Thorqul Qosr: Innama (2 ayat dalam surat Yasin dan 7 ayat dalam surat An-Nahl), An Nafi wal Istisna’ (8 ayat dalam surat Yasin dan 6 ayat dalam surat An-Nahl), Taqdimu Ma Haqqohu At Ta’khir (2 ayat dalam surat Yasin dan 3 ayat dalam surat An-Nahl), Athof bi Bal (1 ayat dalam surat Yasin), Athof bi Lakin (1 ayat dalam surat An-Nahl).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tasya, Shinta Salisa Badrukshintasalisa8986@gmail.comA01219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauhar, Nasaruddin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id20090997501
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Bahasa Arab
Al Qur'an
Keywords: Qoshr dan macamnya; surat Yasin dan surat an-Nahl; ilmu ma’ani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Shinta Salisa Badruk Tasya
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:05
Last Modified: 21 Aug 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64362

Actions (login required)

View Item View Item