Perancangan gedung kesenian Reog Ponorogo dengan pendekatan arsitektur ikonik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Arofah, Ni'matul (2023) Perancangan gedung kesenian Reog Ponorogo dengan pendekatan arsitektur ikonik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matul 'Arofah_H03219011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang terkenal dengan keseniannya yang kental. Ponorogo sering disebut sebagai kota Reog, karena di Kabupaten inilah kesenian Reog lahir dan berkembang. Reog Ponorogo adalah kesenian yang paling terkenal dikhalayak umum diantara kesenian Reog Ponorogo yang lainnya. Namun, kesenian Ponorogo yang mulai dikenal masyarakat luas ini tidak menggugah minat sebagian besar generasi muda setempat. Namun, sarana dan prasarana untuk belajar kesenian Reog masih sangat kurang, dan hanya berdiri secara individu dalam lingkup organisasi yang kecil . Selain itu, kesediaan alat kesenian di Ponorogo juga kurang memadahi. Untuk menunjang kebutuhan permasalahan diatas dibutuhkan sebuah wadah yang mampu mengakomodasi semua kebutuhan tersebut. Wadah tersebut berupa bangunan fisik yang dapat digunakan sebagai prasarana belajar, berlatih, serta bernaungnya sebuah seni didalamnya.Pendekatan arsitektur ikonik pada perancangan ini dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat berkunjungan dengan memasukkan keindahan dari unsur budaya yang telah ada pada perancangannya. Dimana hal ini dikaitkan dengan faktor psikologis manusia terhadap faktor budaya. Sehingga masyarakat lebih tertarik dan merasa nyaman untuk melakukan kegiatan sosial diarea tersebut. Dan menjadikan kesenian Reog lebih dikenal masyarakat serta menjaga pelestariannya. Selain itu, penggunaan arsitektur ikonik diharapkan menjadikan Gedung kesenian ini menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Ponorogo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Arofah, Ni'matulnimarofah43@gmail.comH03219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com2024027903
Subjects: Arsitektur
Kebudayaan
Pariwisata
Keywords: Gedung kesenian; Reog Ponorogo; arsitektuktur ikonik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ni'matul 'Arofah
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:39
Last Modified: 16 Aug 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64378

Actions (login required)

View Item View Item