الصراع الباطني عند الشخصية الرئيسية في مسرحية "الذكرى" لعبد العزيز أمين الخانجي: دراسة أدبية نفسية - Konflik batin tokoh utama dalam drama Kenangan milik Abdul Aziz Amin Al Khanji: studi psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziiz, Mochamad Purnama (2023) الصراع الباطني عند الشخصية الرئيسية في مسرحية "الذكرى" لعبد العزيز أمين الخانجي: دراسة أدبية نفسية - Konflik batin tokoh utama dalam drama Kenangan milik Abdul Aziz Amin Al Khanji: studi psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Purnama Aziiz_A91219099 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konflik batin yang terjadi pada tokoh utama yang menceritakan tentang sepasang kekasih Kamal dan Zainab yang saling mencintai semasa remaja kemudian berpisah karena memiliki berbagai masalah. Namun, mereka dipertemukan kembali dan mereka membahas kenangan mereka ketika masih berpasangan. Dan pada akhirnya mereka berdua mengalami konflik batin dalam diri mereka dan merasakan penyesalan karena berpisah sehingga mereka mengambil keputusan yang nekat untuk tinggal bersama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis pendekatan analisis ini berupa analisis sastra. Data penelitian ini dari membaca kritis drama “Kenangan” karya Abdul Aziz Amin Al-Khanji yang dianalisis dengan teori Konflik Batin milik Burhan Nurgiyantoro. Hasil analisis konflik batin tokoh utama dalam drama ini adalah, 1) konflik batin Kamal adalah rindu, perselisihan, dan putus asa. 2) konflik batin Zainab adalah sedih, rindu, cinta yang mendalam, ketakutan, kekecewaan. Dari analisis sebab-sebab konflik batin pada tokoh utama adalah, 1) sebab konflik batin pada kamal, adalah sebab rindu, sebab perselisihan dan sebab putus asa. 2) sebab konflik batin Zainab adalah sebab sedih, sebab rindu, sebab cinta yang mendalam, sebab ketakutan, sebab kekecewaan. Dari analisis pengaruh konflik batin tokoh utama pada jalannya alur cerita adalah, 1) dampak konflik batin pada kamal, adalah dampak rindu, dampak perselisihan dan dampak putus asa. 2) dampak konflik batin Zainab adalah dampak sedih, dampak rindu, dampak cinta yang mendalam, dampak ketakutan, damapak kekecewaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziiz, Mochamad Purnamamoch.yes72@gmail.comA91219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, HimmatulUNSPECIFIED197612222007012021
Thesis advisorHikmawati, MasnaUNSPECIFIED199104132020122024
Subjects: Psikologi
Sastra
Keywords: Konflik batin; drama Kenangan Abdul Aziz Amin Al Khanji; psikosastra; psikoanalisis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aziiz Purnama
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:56
Last Modified: 18 Aug 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64433

Actions (login required)

View Item View Item