Perancangan sekolah inklusif melalui pendekatan universal design di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifiyanti, Putri Dwi (2023) Perancangan sekolah inklusif melalui pendekatan universal design di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Dwi Arifiyanti_H93219053.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan adalah pondasi penting dalam kehidupan manusia yang berlandaskan pada prinsip merata dan non-diskriminatif, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Namun, dalam sistem pendidikan serba seragam, terjadi kesulitan dalam mengintegrasikan anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan anak regular. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pendidikan inklusif hadir sebagai alternatif untuk mewujudkan pemerataan pendidikan, di mana semua anak, termasuk ABK, dapat belajar bersama secara setara. Konsep pendidikan inklusif ini merujuk pada "Education for All" yaitu pendidikan yang memungkinkan partisipasi dan pembelajaran bagi semua peserta didik tanpa memandang perbedaan.Dalam upaya mewujudkan sekolah inklusif, pendekatan universal design menjadi landasan penting dalam perancangan. Pendekatan universal design adalah pendekatan desain yang menghilangkan diskriminasi dengan menciptakan produk, lingkungan, program, dan pelayanan yang dapat diakses oleh semua orang tanpa perlu disesuaikan secara khusus. Prinsip universal design mengarah pada "Design for All," di mana setiap pengguna, termasuk anak berkebutuhan khusus, dapat mengakses dan berpartisipasi secara adil dalam lingkungan perancangan sekolah inklusif. Perancangan sekolah inklusif di Surabaya dengan pendekatan universal design bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan ramah bagi semua peserta didik. Dengan menerapkan universal design, sekolah inklusif diharapkan mampu memberikan fasilitas yang mendukung pembelajaran dan perkembangan potensi bagi anak berkebutuhan khusus. Melalui konsep "Education for All” dengan tagline “Tomorrow for Everyone", perancangan sekolah inklusif diharapkan dapat menciptakan generasi bangsa yang inklusif, berpikir terbuka, dan menghargai segala bentuk perbedaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifiyanti, Putri Dwiputridwiaaa0.0@gmai.comH93219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Anak berkebutuhan khusus (ABK); universal design; sekolah inklusif
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Putri Dwi Arifiyanti
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:50
Last Modified: 21 Aug 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64452

Actions (login required)

View Item View Item