Sejarah perkembangan dan arsitektur masjid Baiturrahim Dsa Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang tahun 1932 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Surya Yulia Nur (2023) Sejarah perkembangan dan arsitektur masjid Baiturrahim Dsa Klitih Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang tahun 1932 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Surya Yulia Nur Aini_A92219114 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Surya Yulia Nur Aini_A92219114.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sejarah perkembangan dan arsitektur pada masjid Baiturrahim yang terletak di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana sejarah dan perkembangan Masjid Baiturrahim yang terletak di Desa Klitih? (2) Bagaimana Arsitektur bangunan pada Masjid Baiturrahim? (3) Bagaimana Fungsi Masjid Baiturrahim dari masa ke masa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi proses Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (Kritik Sumber), Interprestasi (Penafsiran), dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan Antropologi dan Arkeologi, serta memakai teori Continuity and Change yang dikemukakan oleh John Obert Voll, harapannya dapat memberikan penjelasan mengenai berbagai perubahan dan perkembangan dalam sejarah arsitektur Masjid Baiturrahim, mulai dari awal pendiriannya hingga saat ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) Masjid Baiturrahim berdiri pada tahun 1932 M. Masjid ini dulunya adalah sebuah Langgar yang kemudian di ubah menjadi masjid. Masjid Baiturrahim baru sekali mengalami pemugaran yakni pada tahun 2006. (2) Gaya arsitektur bangunan pada Masjid Baiturrahim mengadopsi arsitektur budaya tradisional lokal yaitu perpaduan budaya Jawa dan Islam. (3) Selain memiliki fungsi umum sebagai tempat ibadah, Masjid Baiturrahim juga memiliki peran pada zaman kolonial. Tidak hanya itu, di masa sekarang fungsi Masjid Baiturrahim dapat dikelompokkan kedalam beberapa fungsi, yakni fungsi agama, pendidikan, dan sosial-ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Surya Yulia Nursuryayulia14@gmail.comA92219114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Subjects: Arsitektur
Islam > Peradaban
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Sejarah; arsitektur; Masjid Baiturrahim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Surya Yulia Nur Aini
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:47
Last Modified: 28 Nov 2023 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64470

Actions (login required)

View Item View Item