حروف الجر ومعانيها في كتاب "الأرْبعون حديثا في قواعد من الأحكام الشرعية وفضائل الأعمال والزهد" للإمام جلال الدين السيوطي - Makna huruf Jar dalam kitab Empat Puluh Hadis dalam kaidah dari ketentuan hukum hukum syariat keutamaan beramal dan zuhud karya Imam Jalal ad Din as Suyuthi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Rachmadhani Ardian (2023) حروف الجر ومعانيها في كتاب "الأرْبعون حديثا في قواعد من الأحكام الشرعية وفضائل الأعمال والزهد" للإمام جلال الدين السيوطي - Makna huruf Jar dalam kitab Empat Puluh Hadis dalam kaidah dari ketentuan hukum hukum syariat keutamaan beramal dan zuhud karya Imam Jalal ad Din as Suyuthi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachmadhani Ardian Putra_A71218073 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Arba'un hadis karya imam jalal ad-din as-suyuthi, untuk memahaminya, salah satu nya adalah memahami makna huruf jar dalam kitab tersebut. Adapun Permasalahan yang ada dalam penelitian ini: 1. Apa saja macam-macam huruf jer dalam kitab arba'un hadis.2. Apa makna huruf jer dalam kitab arba'un hadis. Untuk mengatasi permaslahan di atas, maka peneliti merujuk pada kosep huruf jar dalam kitab Jami’ud durus karya syaikh musthafa al ghalayaini dan kitab al fiyah karya ibnu malik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian nahwu / sintaksis. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa:1. huruf jar yg terdapat dalam kitab arba'un hadis dalam keutamaan beramal dan zuhud karya imam jalal ad-din as-suyuthi, adalah huruf jar ba', min, ila, an, ala, fi, khaf, lam.2. Adapun maknadalam kitab tersebut adalah: huruf ba' memiliki makna musahabah dan ta'kid, huruf min memiliki makna tabidil, ta'kid, sababiyah, bayan dan dhorfiyah. huruf ila memiliki makna inda dan intiha,huruf ala memiliki makna isti'la,makna lam, makna fi,huruf an memiliki makna min.huruf fi bermakna dhorfiyah.hurufkaf bermakna tasbih atau perumpamaan, huruf lam memiliki makna ikhtishos, milik, dan makna fi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Rachmadhani Ardianrachmadhanipputra@gmail.comA71218073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@gmail.com2022127601
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Sastra
Hadis
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Huruf jar; arbauna hadits; Imam Jalal ad Din as Suyuthi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rachmadhani Ardian Putra
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:42
Last Modified: 22 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64489

Actions (login required)

View Item View Item