Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) di madrasah aliyah negeri 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Ilfi Nuril (2023) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) di madrasah aliyah negeri 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilfi Nuril Ainiyah_D73219051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik, Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik (2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di madrasah aliyah negeri 1 gresik (3) Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif miles huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gresik adalah memberikan pengarahan kepada staf dan guru yang dilakukan secara rutin melalui rapat tiap minggu dan juga tiap bulan. Pengarahan yang disampaikan oleh kepala madrasah berupa pengembangan keprofesian guru. Melalui program pengembangan keprofesian berkelanjutan kepala madrasah mendorong seluruh guru untuk meningkatkan kompetensinya melalui pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Strategi kepala madrasah lainnya yaitu menempatkan guru sesuai dengan kualifikasinya berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya, memberi dorongan dan motivasi serta adanya pemberian reward kepada guru. Adapun faktor pendukung yaitu adanya dana, support dan dukungan dari madrasah, interaksi yang baik antara pemimpin dengan komponen madrasah. Faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran diri, faktor usia, keterbatasan waktu, dan lemahnya dalam bidang ilmu teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Ilfi Nurililfi.ainiyah@gmail.comD73219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Strategi kepala madrasah; kompetensi guru; pengembangan keprofesian berkelanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilfi Nuril Ainiyah
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:22
Last Modified: 24 Aug 2023 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64494

Actions (login required)

View Item View Item