العناصر الداخلية في مسرحية الانتهازيون لايدخلون الجنة لعبد الغفار مكاوي عند شكرا كامل: دراسة أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Camelia, Neila Huda (2023) العناصر الداخلية في مسرحية الانتهازيون لايدخلون الجنة لعبد الغفار مكاوي عند شكرا كامل: دراسة أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neila Huda Camelia_A91219104 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” adalah salah satu drama karya Abdul Ghoffar Makawi yang menarik untuk diteliti. Drama tersebut digunakan peneliti sebagai objek kajian dalam penelitian ini. Untuk bisa memahami isi cerita dalam drama ini diperlukan penelitian unsur intrinsik, yang mana unsur intrinsik adalah unsur yang membangun sebuah karya sastra dari arah dalam atau dari karya sastra itu sendiri. Adapun teori unsur intrinsk yang digunakan peneliti dalam meneliti drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” karya Abdul Ghoffar Makawi yakni teori sukron kamil, dimana unsur intrinsik terdiri dari 5 unsur, yakni tokoh dengan karakternya, plot atau alur, setting/latar, pikiran/tema, dan gaya bahasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Bagaimana unsur intrinsik yang terdapat dalam drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” karya Abdul Ghoffar Makawi menurut teori syukron kamil?” dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana unsur intrinsik yang terdapat dalam drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” karya Abdul Ghoffar Makawi menurut teori syukron kamil. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan Metode Pendekatan Ilmu Sastra. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah library reseach, yaitu peneliti membaca dalam drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” untuk menemukan data yang diinginkannya, kemudian membagi data tersebut dan mengklasifikasikannya sesuai dengan unsur-unsur yang dianalisis. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap naskah drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah” karya Abdul Ghoffar Makawi menurut teori sukron kamil, Peneliti menemukan: Penokohan yang terdiri dari 1 toko utama dan 7 tokoh sekunder. Adapun alur dalam drama ini yakni Alur Campuran, Adapun latar tempat ada 5 dan latar waktu 2, Tema dalam drama ini yakni “Seorang Ayah yang tidak memperdulikan putrinya yang sedang sakit, dan lebih memilih menunggu atasannya untuk memberinya gelar atau jabatan, sampai putrinya meninggal ketika ayahnya tidak berada di sampingnya”, Adapun bahasa yang digunakan dalam drama ini adalah Bahasa yang mudah, dan menggunakan bahasa arab fushah sehingga mudah untuk memahaminya, dan dalam uslub balaghah terdapat 24 kalam khabari dan terdapat 251 kalam insya’i yang terdiri dari (9 Nida’ , 135 Istifham , 84 Amr , 22 Nahi , dan 1 Tamanni).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Camelia, Neila Hudaneylacamelia@gmail.comA91219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Unsur intrinsik; Drama “Al-Intihaziyun la yadkhuluna Al-jannah”; Abdul Ghoffar Makawi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Neila Camelia
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:55
Last Modified: 18 Oct 2023 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64518

Actions (login required)

View Item View Item