تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الفصل الثاني بالمدرسة الثانوية الحكومية الثانية عاوي جاوا الشرقية - Analisa kesalahan Nahwu dalam menentukan irab pada bacaan siswa Kelas Dua MAN 2 Ngawi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashirulloh, Adam (2023) تحليل الأخطاء النحوية في الإعراب عند قراءة طلاب الفصل الثاني بالمدرسة الثانوية الحكومية الثانية عاوي جاوا الشرقية - Analisa kesalahan Nahwu dalam menentukan irab pada bacaan siswa Kelas Dua MAN 2 Ngawi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adam Nashirulloh_A91219072 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan Bahasa Arab dengan benar membutuhkan penguasaan kaidah bahasa dengan benar juga, banyak pembelajaran dalam bahasa Arab yang harus di kuasai salah satunya ilmu nahwu. Dengan berbekal kaidah bahasa Arab, dapat menguasai bahasa Arab dengan baik, tetapi dengan mempelajari kaidah bahasa Arab saja tidaklah menjamin dapat menggunakan bahasa Arab dengan fasih, dengan praktik yang cukup serta penyampaian meteri yang tepat menjadi faktor penggunaan bahasa Arab dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan pada siswa kelas dua MAN 2 NGAWI, adapun rumusan masalah dalam pebelitian ini adalah: 1) apa jenis-jenis kesalahan nahwu dalam menentukan I’rab pada bacaan siswa kelas dua MAN 2 Ngawi; 2) apa sebab-sebab kesalahan nahwu dalam menentukan I’rab pada bacaan siswa kelas dua MAN 2 Ngawi. Adapun kesalahan yang di analisis ialah macam maacam kesalahan i’rob dan juga penyebab kesalahan tersebut dalam membaca cerita pendek yang berjudul Musa A.S, dengan adanya penelitian ini dapat mengetahui kemampuan siswa dalam penggunaan bahasa Arab. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa MAN 2 Ngawi kelas 2. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, yaitu dengan cara siswa membaca teks Arab dengan judul Musa A.S. kemudian direkam menggunakan alat perekam dan di analisis sesuai pengelompokan masalah yang ada. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, catatan, dan rekaman. Setelah melakukan analisa penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan kesalahan tersebut diantaranya: kesalahan i’rab rofa sepuluh kata, i’rab nasab tujuh kata, dan kesalahan i’rab jar dua puluh tujuh kata. Dan penyebab kesalahan i’rob ini ada dua yaitu karena kurangnya praktek pembelajaran dan ketidaktahuan pelajaran tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashirulloh, Adamadamalfatih1991@gmail.comA91219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com195408291979032001
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id198006012005011005
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisa kesalahan; Bahasa Arab; irab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Adam Nashirulloh
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:31
Last Modified: 04 Sep 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64527

Actions (login required)

View Item View Item