Analisis penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) cabang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyyah, Irbah Eka (2023) Analisis penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) cabang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irbah Eka Saniyyah_G94219161.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebagai lembaga prinsip tata kelola perusahaan yang baik Good Corporate Governance(GCG) saat melakukan tindakan bisnis perlu mengikuti prinsip transparansi, akuntabilitas, praktik kehati hatian, tanggung jawab(responsibility), objektivitas, kebebasan memilih harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis (independency) Senantiasa memperhatikan prinsip kesetaraan dan kewajaran (fairness). KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan sebagai lembaga keuangan mikro juga harus memiliki standart tersebut untuk menghindari potensi risiko. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada penerapan prinsip tatakelola perusahaan yang baik di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan serta hambatan penerapan prinsip tatakelola perusahaan yang baik di KSPPS Cabang Lamongan dengan memberikan informasi yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode di mana komunikator utama adalah Kepala Cabang dan Manajer Operasional. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG), KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) sesuai Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, Kesetaraan serta Kewajaran. Namun masih ada prinsip yang belum sepenuhnya dilaksanakan yakni prinsip akuntabilitas. Meskipun terdapat keterbatasan atau kendala dalam penerapan GCG, KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan mengalami faktor internal yaitu kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas atau tanggung jawabnya, dan upayanya adalah menerapkan kedisiplinan kepada pegawai menjadi lebih disiplin serta memberikan penghargaan kepada karyawan dengan kedisiplinan tinggi. Penelitian tersebut dapat memberikan saran penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan untuk lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat dan calon anggota serta lebih memajukan dan memperluas pengembangan KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera(BUS) Cabang Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyyah, Irbah EkaIrbaheka08@gmail.comG94219161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id199103162019031013
Subjects: Ekonomi
Bisnis
Keywords: Prinsip Good Corporate Governance; KSPPS, BMT BUS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Irbah Eka Saniyyah
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:44
Last Modified: 24 Aug 2023 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64531

Actions (login required)

View Item View Item