Strategi kepala madrasah dalam pengembangan program library research melalui peningkatan perpustakaan guna penguatan budaya literasi di MA Negeri 2 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Hamidatul Ahmada (2023) Strategi kepala madrasah dalam pengembangan program library research melalui peningkatan perpustakaan guna penguatan budaya literasi di MA Negeri 2 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamidatul Ahmada Amalia_D93219077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Strategi Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Library Reseacrh melalui Peningkatan Perpustakaan guna Penguatan Budaya Literasi di MA Negeri 2 Jombang, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas manajemen Perpustakaan di MA Negeri 2 Jombang. (2) Bagaimana pelaksanaan program library research untuk meningkatkan budaya literasi di MA Negeri 2 Jombang. (3) Bagaimana kendala dan solusi peningkatan kualitas manajemen perpustakaan melalui program library research di MA Negeri 2 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitan ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, kepala perpsutakaan, staf perpustakaan. Penelitian ini menggunakan tiga analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa (1) Strategi kepala madrasah dalam meningatkan manajemen perpustakaan di MA Negeri 2 Jombang yaitu dengan melakukan analisis internal dan eksternal yang dianggap penting untuk rencana jangka panjang maupun pendek di awal semester, dilanjutkan dengan menyesuaikan faktor kelemahan atau kekuatan, dengan tahap terakhir yaitu pengambilan keputusan yang disetujui oleh beberapa pihak. (2) implematasi program library research terdapat 2 komponen yaitu penelitian dan pelatihan, Bentuk penelitian dalam program library research yaitu dengan karya tulis ilmiah, sedangkan bentuk pelatihan dalam program library reseacrh dengan pelaksanaan workshop yang membahas mengenai literasi. (3) Kendala yang terjadi dalam peningkatan manajemen perpustakaan melalui program library research di MA Negeri 2 Jombang yaitu kurangnya ketersedian PC/komputer untuk mendukung proses terlaksananya program library research, Solusi yang diberikan oleh kepala madrasah agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada yakni melakukan pengadaan dalam bidang sarana prasarana dengan memberikan fasilitas PC/koputer untuk digunakan oleh para murid untuk memaksimalkan kegiatan program library research.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Hamidatul Ahmadahamidaahmada38@gmail.comD93219077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Strategi
Keywords: Kepala madrasah; program library research; perpustakaan; budaya literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hamidatul Ahmada Amalia
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:09
Last Modified: 25 Aug 2023 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64545

Actions (login required)

View Item View Item