الجناس والسجع في السورة المؤمنون - Jinas dan Saja dalam surat Al Muminun: kajian Balaghah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Indana Tsania Rahma (2023) الجناس والسجع في السورة المؤمنون - Jinas dan Saja dalam surat Al Muminun: kajian Balaghah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indana Tsania Rahma_A01219017 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan judul Jinas dan Saja’ dalam surah Al-Mu’minun. Jinas dan saja’ merupakan salah satu objek kajian ilmu Badi’ dengan melihat segi keindahan lafadz (Muhassinat Lafdziyah) sebagai pendekatan. Peneliti memfokuskan permasalahan yang dikemukakan pada pembahasan ini adalah (1) apa macam-macam jinas dalam surat al-Mu’minun? (2) apa macam-macam saja’ dalam surat al-Mu’minun?. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk meneliti surah al-Mu’minun sebagai objek kajiannya. Surah al-Mu’minun terdiri dari 118 ayat dan termasuk golongan surah makkiyah. Al-mu’minun bermakna orang-orang yang beriman. Dinamakan al-Mu’minun karena permulaan ayat ini menjelaskan sifat-sifat orang mukmin yang membawa keberuntungan bagi mereka di akhirat dan ketentraman jiwa di dunia, lalu dilanjutkan dengan bukti keimanan dalam diri manusia dan alam raya, kemudian hakikat iman sebagaimana dipaparkan oleh para Rasulullah sejak nabi Nuh as. sampai dengan nabi Muhammad saw. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian ilmu balaghah. disebut kualitatif karena penelitian ini menekankan pada pendalaman data dan dalam pengumpulannya tidak menggunakan rumus-rumus statistik. Sebagaimana data dalam penelitan ini diperoleh dari seluruh kalimat yang terdapat dalam alqur’an surah al-Mu’minun. Adapun tahap-tahap penelitian nya adalah dengan membaca dan memahami teori yang berkaitan dengan jinas dan saja’, mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan pembahasan , lalu Menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Adapun kesimpulan yang telah didapatkan oleh peneliti adalah (1) dalam surah al-Mu’minun terdapat 2 macam jinas tam yaitu jinas tam mustaufi seperti dalam ayat ke 38-39 dan jinas tam mumatsil seperti pada ayat ke 43-44. Lalu ada 4 macam jinas ghairu tam yaitu jinas naqish seperti pada ayat ke 18, jinas mudhori’ seperti pada ayat ke 69, jinas lahiq seperti pada ayat ke 83 dan jinas isytiqaq seperti pada ayat ke 14. (2) dalam surah al-mu’minun terdapat 3 macam saja’ yaitu saja’ murrasha’, saja’ mutawazi, dan saja’ mutharrof.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Indana Tsania Rahmaindanatsania56@gmail.comA01219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, HuseinUNSPECIFIED2003015601
Thesis advisorEfendi, Nasikul MustofaUNSPECIFIED132101811755
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Jinas dan Saja; surah al Muminun
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Indana Tsania rahma
Date Deposited: 28 Aug 2023 12:17
Last Modified: 28 Aug 2023 12:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64658

Actions (login required)

View Item View Item