Representasi akhlak dalam video klip “Till We Meet Again”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusandi, Widya Meilis (2023) Representasi akhlak dalam video klip “Till We Meet Again”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Meilis Rusandi_B01219053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dakwah semakin mudah untuk disampaikan dimana saja, baik secara langsung maupun media sosial. Marak video musik atau lebih dikenal juga dengan video klip yang tengah digemari oleh masyarakat di era digital dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah. Berdasakan latar belakang di atas, peneliti merumuskan rumusan masalah mengenai bagaimana representasi sebagai dalam video klip “Till We Meet Again”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis isi pesan dakwah dalam video klip “Till We Meet Again”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks media dengan analisis semiotika model Roland Barthes. Objek penelitian ini berupa potongan video pada akun youtube Alffy Rev dengan judul “Till We Meet Again” Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam video klip “Till We Meet Again” mempresentasikan pesan akhlak menunjukkan bahwa (1) kesadaran akan keindahan alam, (2) bertanggung jawab dengan kehidupan makhluk hidup Penelitian ini merekomendasikan kepada penelitian-penelitian selanjutnya untuk memeprdalam dan mengembangkan terkait dengan pesan akhlak yang terdapat pada platform youtube dan media sosial lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusandi, Widya Meiliswidyameilis15@gmail.comB01219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Komunikasi Islam
Film
Keywords: Representasi akhlak; youtube; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Widya Meilis Rusandi
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:31
Last Modified: 06 Sep 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64732

Actions (login required)

View Item View Item