Sistem kontrol jarak jauh dengan Allsky untuk memantau pergerakan awan saat pengamatan hilal di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiqri, Mohammad Amin (2023) Sistem kontrol jarak jauh dengan Allsky untuk memantau pergerakan awan saat pengamatan hilal di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Amin Fiqri_C96218028 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Sistem Kontrol Jarak Jauh dengan Allsky untuk Memantau Pergerakan Awan Saat Pengamatan Hilal di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA), skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi. Bagaimana sistem Allsky Kamera kontrol jarak jauh saat pengamatan hilal di Obseravatorium Astronomi Sunan Ampel?, serta Bagaimana gambaran pemantau cuaca dengan menggunakan Allsky kamera kontrol jarak jauh saat pengamatan hilal di Obseravatorium Astronomi Sunan Ampel? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA). Data primer diperoleh melalui observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan kamera Allsky di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA), sedangkan data sekunder berasal dari sumber pustaka seperti buku, artikel, dan karya ilmiah terkait dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data yang dihasilkan dari Allsky kamera kontrol jarak jauh di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA). Kemudian mengidentifikasi masalah yang ada dan menganalisis secara mendalam terkait dengan data yang dihasilkan dari Allsky kamera kontrol jarak jauh di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA). Selanjutnya, memberikan kesimpulan dari hasil analisa data yang dihasilkan dari Allsky di Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, untuk memperoleh citra langit yang optimal, seleksi komponen hardware dari kamera Allsky menjadi penting dalam menentukan komponen yang memiliki spesifikasi dan hasil yang valid. Kedua, Allsky kamera mampu mengambil gambar dari berbagai kondisi langit, termasuk cuaca hujan, cerah, dan berawan. Sistem Allsky kontrol jarak jauh merupakan kamera khusus yang digunakan untuk memantau dan merekam pergerakan benda langit, seperti pergerakan awan, guna memperoleh informasi tentang kondisi cuaca yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengamatan hilal. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu kamera dan lensa dengan sudut pandang lebar, serta didukung oleh perangkat lunak Teamviewer untuk mengontrol Allsky secara jarak jauh, sehingga dapat dipantau dari berbagai lokasi dan kapan pun. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: karena Allsky yang digunakan oleh penulis adalah Allsky semi-otomatis (meskipun beberapa operasi masih membutuhkan tangan manusia), penulis membuat rekomendasi untuk langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengembangkan kembali sistem Allsky kontrol jarak jauh ini untuk tujuan masa depan. Akan lebih mudah jika sistem Allsky dapat dibuat sepenuhnya otomatis. Untuk pengambilan data, hanya perlu mengakses penyimpanan cloud seperti Google Drive, yang membuatnya lebih fleksibel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiqri, Mohammad Aminmaminfiqri25@gmail.comC96218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Astronomi
Falak
Keywords: Sistem kontrol jarak jauh; Allsky; hilal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mohammad amin Fiqri
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:57
Last Modified: 01 Sep 2023 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64743

Actions (login required)

View Item View Item