Pengaruh media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Mohammad Auliya Rizqy (2023) Pengaruh media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Auliya Rizqy Akbar_D91219128 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wordwall merupakan media pembelajaran permainan yang menyenangkan, menghibur, dan menarik perhatian siswa. Meskipun demikian, pengaruh media wordwall terhadap peningkatan pemahaman peserta didik berbeda beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap peningkatan pemahaman peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Waru Sidoarjo pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode kuantitatif ex-post facto, Metode ex-post facto digunakan dalam evaluasi untuk mengetahui kemungkinan hubungan sebab-akibat. Penentuan kelas penelitian menggunakan metode judgmen sampling. Instrumen pengumpulan data hasil belajar tes berupa soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wordwall berpengaruh relatif tidak signifikan terhadap peningkatan pemahaman peserta didik. nilai rata-rata dari tes di kelas eksperimen adalah 89,35. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil tes peserta didik di kelas eksperimen yang di dalamnya diterapkan media pembelajaran word wall dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Mohammad Auliya Rizqyrizqyakbar637@gmail.comD91219128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Media Sosial
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Media Wordwall; peningkatan pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Auliya Rizqy Akbar
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:04
Last Modified: 05 Oct 2023 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64749

Actions (login required)

View Item View Item