Sejarah perkembangan dan arsitektur Masjid Abah Thoyyib, Desa Sumengko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik (1970-2023)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawy, Rezqy Alifian (2023) Sejarah perkembangan dan arsitektur Masjid Abah Thoyyib, Desa Sumengko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik (1970-2023). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rezqy Alifian Alawy_A02217035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Peneliti memfokuskan pada tiga permasalahan yaitu: (1) Bagaimana sejarah berdirinya Masjid Abah Thoyyib di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik? (2) Bagaimana perkembangan Masjid Abah Thoyyib di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik? (3) Bagaimana makna arsitektur Masjid Abah Thoyyib di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik?. Dalam menjawab permasalahan yang peneliti lakukan, disini peneliti menggunakan pendekatan historis dan kebudayaan yang dipergunakan dalam menganalisis sejarah perkembangan Masjid Abah Thoyyib. Dalam mengartikan makna arsitektur peneliti menggunakan teori Interprestasi Budaya oleh Clifford Geertz. Peneliti mengumpulkan sumber data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan), verfikasi, Interprestasi dan histiografi. Setelah melaksanakan penelitian, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan yaitu: (1) Masjid Abah Thoyyib merupakan masjid yang didirikan oleh Abah Thoyyib pada tahun 1970-1973 di Sumengko, Wringinanom, Gresik (2) Masjid ini tidak banyak mengalami perubahan arsitektur maupun bangunan, hal tersebut dilakukan agar tidak menghilangkan bangunan yang menjadi ciri khas Masjid Abah Thoyyib (3) Desain arsitektur yang terdapat di Masjid Abah Thoyyib memiliki makna seperti simbol dan tulisan sabar, neriman, loman, akas, temen, ngalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawy, Rezqy Alifianalawyfian@gmail.comA02217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorZulaili, I’in Nur.199503292020122027
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah
Keywords: Abah Thoyyib; Gresik; arsitektur
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rezqy Alifian Alawy
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:32
Last Modified: 01 Sep 2023 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64760

Actions (login required)

View Item View Item