Strategi pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Maria (2023) Strategi pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maria Ulfa_D03216018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, ketua PPDB dan wali murid. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil studi dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran SMP Islam Tanwirul Afkar Krian berupa kebijakan publikasi dengan unsur marketing mix 7p. Marketing mix 7p di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian terdiri dari: Produk SMP Islam Tanwirul Afkar Krian yaitu berupa program unggulan. Diantaranya ada santri award program, Santripreneur, Hidroposantri, Kelas produksi healthy food, dan Kelas design dan digital. Harga atau biaya yang dikeluarkan di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian sangat terjangkau sekitar Rp. 120.000,00 untuk biaya SPP setiap bulan dan Rp. 40.000,00 untuk menabung, dibutuhkan ketika ada ujian sekolah untuk kelas IX. Tempat SMP Islam Tanwirul Afkar Krian cukup strategis, dilihat dari lokasi sekolah yang dekat dengan rumah-rumah warga yang memudahkan akses untuk bisa sampai ke sekolah. Bisa dijangkau dengan roda dua maupun roda empat. Promosi di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian dilakukan melalui media cetak berupa penyebaran banner dan brosur, media sosial menggunakan IG, FB, WA, dan youtube, sosialisasi ke SD/MI, dan promosi word of mouth melalui riview para wali murid kepada masyarakat luas. People (orang) sumber daya manusia SMP Islam Tanwirul Afkar Krian terdiri dari 22 orang dengan kualifikasi S-1 dan tenaga kependidikan yang dimiliki sebanyak 3 orang dengan kualifikasi S-1 sebanyak 1 orang, lainnya berkualifikasi SMA sederajat serta guru ekstrakurikuler sebanyak 5 dengan kualifikasi S-1. Physical Evidence (bukti fisik) sarana dan prasarana di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian cukup memadai dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar.Process (proses) menggunakan kurikulum merdeka, memiliki 9 ekstrakurikuler, beberapa program pendukung, dan pembiasaan kegiatan Islam. Langkah-langkah dalam pelaksanaan PPDB di SMP Islam Tanwirul Afkar Krian terdiri dari beberapa tahap. Pertama, membentuk panitia PPDB.Pembentukan panitia ini berfungsi untuk memberikan wewenang dalam menjalankan PPDB dengan efektif dan efesien melalui disahkannya SK dari kepala sekolah. Kedua, rapat penerimaan peserta didik baru. Pada rapat PPDB, kepala sekolah menyusun rencana kegiatan, program kerja PPDB, pembagian tugas masing-masing panitia, dan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru. Ketiga, pembuatan, Pengiriman/pemasangan pengumuman peserta didik baru. Pembuatan pengumuman bertujuan untuk memberikan informasi sedetail mungkin kepada calon peserta didik yang ingin mendaftar agar tidak kebingungan dalam mendapatkan informasi. Pembuatan pengumuman melalui brosur, banner, media sosial, dan sosialisasi ke SD/MI yang telah ditentukan. Keempat, pendaftaran calon peserta didik baru. Pendaftaran calon peserta didik dilakukan terdiri 3 gelombang. Untuk gelombang pertama dilakukan pada bulan januari sampai bulan februari. Gelombang kedua dilakukan pada bulan maret sampai dengan bulan mei. Gelombang ketiga dilakukan pada bulan juni.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Mariamariaulfa5152@gmail.comD03216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Promosi
Keywords: Strategi pemasaran; penerimaan peserta didik baru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: maria ulfa
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:46
Last Modified: 07 Sep 2023 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64782

Actions (login required)

View Item View Item