تغييرات الأوزان العروضية في شعر " علمتنا بالمثال والقلم" لخليل مطران (دراسة عروضية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Takfiyatul (2023) تغييرات الأوزان العروضية في شعر " علمتنا بالمثال والقلم" لخليل مطران (دراسة عروضية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Takfiyatul Latifah_A01217043 OK.pdf

Download (959kB)

Abstract

Syi’ir merupakan seni sastra yang memiliki keindahan dalam bai-bait yang terkandung didalamnya yang mempengaruhi keselarasan pelafalan, kedalaman makna dan keindahan ungkapan. Salah satunya syi’ir karya Khalil Muthran. Dalam syi’irnya yang berjudul ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam, ia memakai bermacam-macam pola wazan. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang perubahan wazan dalam Syi’ir ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam karya Khalil Muthran. Fokus penelitian ini adalah : 1) wazan apa saja yang ada dalam syi’ir ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam 2) bagaimana perubahan wazan yang terdapat dalam syi’ir ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam karya Khalil Muthran?. Metode yang digunakan yakni analisis deskriptif kualitatif serta pengumpulan data menggunakan library research. Data utama diambil dari 31 bait syi’ir ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam karya Khalil Muthran, kemudian dianalisis dengan teknis deskriptif dan menggunakan teori ilmu arudh sebagai acuan penelitian. Dari hasil kajian yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) syi’ir ‘Allamtana Bil Mitsal Wal Qolam karya Khalil Muthran menggunakan bahr munsarih. 2) Adapun perubahan wazan yang disebabkan oleh : a.) zihaf thoyyun pada taf’ilah mustaf’ilun menjadi mufta’ilun dan taf’ilah maf’uulaatu menjadi maf’ulaatu pada bait ke pertama hingga yang lain. b ) zihaf thoyyun pada taf’ilah maf’ulaatu menjadi faai’laatu pada bait ke 9 dan 10. c) zihaf khabn pada taf’ilah mustaf’ilun menjadi mufta’ilun pada bait ke 1, 3,4,5,6,9,10,12,13,14,16,18,19,23,25,26,28,29,31. d) illat qot’un pada taf’ilah mustaf’ilun menjadi mustaf’ilu pada bait ke 8.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Takfiyatultakfiyatul11@gmail.comA01217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Perubahan Wazan; syi’ir ‘Allamtana bil qolam wal bil mitsal; Khalil Muthran.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Takfiyatul Latifah
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:17
Last Modified: 04 Oct 2023 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64794

Actions (login required)

View Item View Item