Identifikasi model spasial geographically weighted regression pada penyebaran covid-19 di jawa timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Rita Dwi (2023) Identifikasi model spasial geographically weighted regression pada penyebaran covid-19 di jawa timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rita Dwi Arianti_H72218030 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Covid-19 merupakan kasus penyakit yang terjadi pada beberapa negara salah satunya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang memberikan dampak pada laju penularan kasus Covid-19 di seluruh Wilayah Jawa Timur serta pengaruh variabel regional terhadap penularan Covid-19. Kepadatan penduduk, kemiskinan, pengangguran, dan statistik perencanaan dari BPS Jawa Timur digunakan dalam penelitian ini. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan Regresi Linear Berganda dan Geographically Weighted Regression (GWR) dengan perhitungan karakteristik geografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model GWR berbeda-beda tergantung dari estimasi parameter yang diperoleh setiap kabupaten atau kota. Hal ini membuktikan bahwa pada uji serentak karakteristik wilayah juga berdampak pada tingkat penyebaran penyakit Covid-19 di Provinsi Jawa Timur, namun jika uji parsial untuk masing-masing wilayah dipengaruhi oleh kondisi yang berbeda. misalnya di beberapa kabupaten Pacitan dipengaruhi oleh kepadatan penduduk, penduduk miskis, dan penduduk yang tidak berkerja. Berdasarkan model seleksi hasil ini membuktikan bahwa model GWR lebih unggul dibandingkan Regresi Linear Berganda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Rita Dwiritadwarn@gmail.comH72218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Mohhafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com--
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Masalah sosial
Keywords: Covid-19; Geographically Weighted Regression
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: rita dwi arianti
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:20
Last Modified: 01 Sep 2023 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64798

Actions (login required)

View Item View Item