Determinan sosial masyarakat memilih jenis pengobatan antara modern dan tradisional di Kecamatan Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murti, Marendra Sentanu (2023) Determinan sosial masyarakat memilih jenis pengobatan antara modern dan tradisional di Kecamatan Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marendra Sentanu Murti_I03219022 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji sebuah fenomena mengenai Determinan Sosial Masyarakat Memilih Jenis Pengobatan antara Modern dan Tradisional di Kecamatan Lamongan. Dengan menggunakan tinjauan teori Tindakan Sosial, Max Weber. Penelitian berfokus pada Faktor yang melatarbelakangi masyarakat kecamatan Lamongan menggunakan pengobatan Modern dan Tradisional. Dalam proses menggali data dan menyusun penelitian, peneliti menggunakan metode pendekatan fenomenologi serta jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan sampel bertujuan atau purposive sampling, yakni Masyarakat kecamatan Lamongan yang terdiri dari Apoteker, Penjual Jamu, Tenaga Medis, serta masyarakat pengguna pengobatan modern dan tradisional. Penggalian data pada penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh akan di kelola melalui reduksi data, serta menarik kesimpulan. Sebagai upaya memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi di tahap keabsahan data. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat kecamatan Lamongan memilih pengobatan modern dan pengobatan tradisional, yakni faktor informasi dan kepercayaan, serta biaya. Adapun dampak yang dirasakan masyarakat pemilih pengobatan modern yakni adanaya rasa aman karena selalu dipantau oleh dokter maupun tenaga medis, serta obat-obat an yang bisa dipertanggungjawabkan atau teruji secara klinis. Selain itu, masyarakat yang memilih pengobatan tradisional juga merasa aman, karena mereka mempercayai obat yang berasal dari alam ( tanaman toga ) lebih baik untuk tubuh, karena tidak mengandung bahan kimia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murti, Marendra Sentanusentanumurti1927@gmail.comI03219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, WarsitoUNSPECIFIED2009025901
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Bahan Obat
Hubungan Masyarakat
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Determinan sosial; pengobatan modern dan tradsional
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Marendra Sentanu Murti
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:17
Last Modified: 06 Sep 2023 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64811

Actions (login required)

View Item View Item