Bimbingan konseling Islam menggunakan terapi silaturahmi untuk mengatasi kenakalan seorang remaja di Wonocolo, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nur Khofifah (2023) Bimbingan konseling Islam menggunakan terapi silaturahmi untuk mengatasi kenakalan seorang remaja di Wonocolo, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khofifah Fitriyah_B73219082 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini lebih di fokuskan pada bagaimana proses dan hasil dari bimbingan konseling islam menggunakan terapi silaturahmi untuk mengatasi kenakalan seorang remaja, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan data yang di peroleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses kegiatan Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi silaturahmi yaitu konselor melakukan berbagai kegiatan kunjungan, percakapan dan pendekatan dengan keluarga konseli dan teman dekat konseli untuk mengetahui perihal masalah dan kondisi konseli. Selain itu, konselor juga meminta bantuan teman dekat konseli untuk turut serta dalam memberikan bantuan kepada konseli agar bisa keluar dari permasalahan yang dihadapi, karena biasanya remaja memiliki kecenderungan untuk berbagi rasa dengan teman sebayanya. Dari penelitian yang dilakukan bisa dikatakan berhasil dalam mengatasi kenakalan seorang remaja yang terjadi pada konseli saat ini, meskipun belum sepenuhnya mengalami perubahan. Untuk saat ini konseli sudah mulai bisa memilh mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dirinya, konseli juga sudah lebih fokus kepada tujuan awal yakni pendidikannya, konseli juga sudah lebih bisa untuk memilih teman yang memang bisa untuk menjadikannya lebih baik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nur Khofifahfitriyahnurkhofifah@gmail.comB73219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, AbdulUNSPECIFIED2001096001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Terapi
Keywords: Bimbingan konseling Islam; terapi silaturahmi; kenakalan remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Khofifah Fitriyah
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:25
Last Modified: 08 Sep 2023 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64948

Actions (login required)

View Item View Item