Analisis wacana kritis: pendidikan politik kepada generasi Zilenial melalui platform TikTok @politik.cerdas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhania, Dinda Naharin Rahma (2023) Analisis wacana kritis: pendidikan politik kepada generasi Zilenial melalui platform TikTok @politik.cerdas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Naharin Rahma Ramdhania_I71219041 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana akun TikTok @politik.cerdas memproduksi wacana terkait pendidikan politik kepada Generasi Zilenial. Kedua, bagaimana analisis wacana kritis oleh akun TikTok @politik.cerdas terkait pendidikan politik kepada generasi Zilenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi suatu wacana pada akun TikTok @politik.cerdas serta menganalisis wacana secara kritis pada akun TikTok @politik.cerdas terkait pendidikan politik kepada generasi Zilenial pada unggahan prediksi calon presiden yang akan maju pada pemilihan presiden 2024. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan metode pendekatannya menggunakan analisis wacana kritis oleh Van Dijk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah analisis wacana kritis oleh Teun A Van Dijk dan Pendidikan politik oleh Elizabeth Frazer. Penelitian ini menemukan wacana yang mendominasi pada akun TikTok @politik.cerdas yakni berita terkait salah satu calon kandidat presiden 2024 yang diprediksi oleh akun @politik.cerdas yaitu Anies Baswedan. Proses produksi wacana pada akun TikTok @politik.cerdas yaitu: melakukan riset, mengumpulkan data dari sumber terpercaya, admin akun TikTok @politik.cerdas melakukan modifikasi bahasa berita dari media terpercaya, Melakukan penulisan caption yang sesuai, Melakukan penulisan pada berita dengan menggunakan hastag, Mengunggah berita, dan melakukan pemeriksaan ulang terhadap berita. Sesuai dengan model analisis Van Dijk, Wacana yang dibuat oleh akun TikTok @politik.cerdas dapat dimengerti oleh generasi Zilenial karena kebahasaan pada teks unggahan yang eksplesit, konotatif, dan mudah dimengerti serta gambar yang dapat menarik minat generasi Zilenial terkait pengetahuan politik. Kognisi sosial wacana ini dibuat menggunakan skema peristiwa dengan memaparkan antusiasme masyarakat. Pada konteks sosial wacana dikontrol sendiri oleh akun TikTok @politik.cerdas dimana akun ini juga memiliki akses terhadap wacana yang berkembang. Wacana ini mendapat respon dan tanggapan dari generasi Zilenial ini menunjukkan TikTok merupakan platform yang menarik generasi Zilenial terhadap politik dan dapat menjadi akun pendidikan politik bagi generasi muda Zilenial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhania, Dinda Naharin Rahmadindanaharin27@gmail.comI71219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Media Sosial
Pendidikan
Politik
Keywords: Analisis wacana kritis; pendidikan politik; generasi Zilenial; TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dinda Naharin Rahma Ramdhania
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:05
Last Modified: 11 Sep 2023 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64949

Actions (login required)

View Item View Item