Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi digital siswa pada mata pelajaran Matematika di MINU Unggulan Wali Songo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Fina Atifatul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi digital siswa pada mata pelajaran Matematika di MINU Unggulan Wali Songo Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Atifatul Husna_02071021001 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
Fina Atifatul Husna_02071021001.pdf

Download (16MB)

Abstract

Abad 21 merupakan abad yang serba pengetahuan, dimana syarat untuk mewujudkan kecakapan abad 21 adalah kemampuan dalam literasi, untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mendasar yaitu literasi, numerasi, dan karakter. Literasi numerasi berhubungan erat dengan pembelajaran matematika, agar siswa mampu menguasai literasi numerasi maka guru dapat memberikan latihan evaluasi melalui LKPD. Pada abad 21 banyak kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk digital, salah satunya adalah penggunaan LKPD digital yang berbasis liveworksheet. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain pengembangan LKPD berbasis liveworksheet, mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis liveworksheet, dan menjelaskan efektivitas penggunaan LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi digital siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan model ADDIE sebagai pedoman dalam proses pengembangan, dimana terdapat lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 54 siswa kelas 4 di MINU Unggulan Wali Songo Bojonegoro, yang terbagi menjadi 28 kelompok eksperimen, dan 26 kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, validasi, angket, tes, dan dokumentasi. Desain uji coba menggunakan pretest-posttest control group design. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik kualitatif deskriptif, analisis validitas, dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini adalah desian LKPD telah menyesuaikan karakteristik siswa serta permasalah yang terjadi dilapangan. Kelayakan LKPD diperoleh dari hasil validasi dengan persentase tingkat kelayakan dari ahli desain sebesar 84% termasuk kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 96% termasuk kriteria sangat layak, ahli pembelajaran sebesar 92% termasuk kriteria sangat layak, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis liveworksheet termasuk kriteria sangat layak. Efektivitas penggunaan LKPD dianalisis menggunakan uji manova (multivariate test) dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya adanya efektivitas dari penerapan LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi digital siswa pada mata pelajaran matematika di MINU Unggulan Wali Songo Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Fina Atifatulfina.atifa@gmail.com02071021001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); liveworksheet; literasi numerasi; literasi digital; mata pelajaran Matematika
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fina Atifatul Husna
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:13
Last Modified: 01 Dec 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65028

Actions (login required)

View Item View Item