Strategi bertahan hidup Kelompok Marjinal: study kelompok pemulung dipemukiman Kumuh Pemulung Baskara Sawah Kelurahan Kalisari Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saodah, Umu (2023) Strategi bertahan hidup Kelompok Marjinal: study kelompok pemulung dipemukiman Kumuh Pemulung Baskara Sawah Kelurahan Kalisari Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umu Saodah_I03219033 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk melihat gambaran bagaimana tindakan-tindakan strategi bertahan hidup yang dilakukan kelompok pemulung yang berada di pemukiman kumuh Bhaskara sawah yang hidup sebagai kelompok marjinal di perkotaan. Kedua adalah melihat bagaimana kendala yang dialami kelompok pemulung dalam melakukan strateginya dalam bertahan hidup sebagai masyarakat miskin kota. Strategi bertahan hidup yang dimaksud peneliti adalah serangkaian tindakan dan perencanaan yang dilakukan pemulung dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dalam penggumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan rasional instrumental max weber. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa ; strategi-strategi yang dilakukan oleh pemulung yang berada di pemukiman kumuh Bhaskara sawah dalam mengatasi goncangan dan kebutuhan ekonomi ada 3 yaitu strategi pasif, strategi aktif dan strategi jaringan. Mekanisme strategi yang dilakukan oleh pemulung sebagai bentuk upaya melangsungkan hidup mereka sebagai salah satu kelompok masyarakat marjinal diperkotaan karena dalam kondisi kemiskinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saodah, Umuumusaodah@gmail,comI03219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Golongan Sosial
Hubungan Masyarakat
Konflik sosial
Pengembangan perkotaan
Keywords: Strategi bertahan hidup; kelompok marjinal; pemulung
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Umu Saodah
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:06
Last Modified: 18 Sep 2023 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65029

Actions (login required)

View Item View Item