Politik mitigasi pasca bencana banjir tingkat desa pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Mohamad Panji (2023) Politik mitigasi pasca bencana banjir tingkat desa pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Panji Saputro_I91219088 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti adalah bagaimana politik mitigasi bencana banjir di Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo, meliputi (1) bagaimana tindakan pemerintah desa dalam mitigasi bencana banjir, (2) bagaimana keterlibatan agensi dan struktur dalam proses mitigasi bencana banjir.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami politik mitigasi bencana banjir di Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo, meliputi (1) mengetahui bagaimana tindakan Pemerintah Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo dalam mitigasi bencana banjir, (2) mengetahui bagaimana keterlibatan agensi dan struktur dalam proses mitigasi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dipilih yaitu perangkat desa dan masyarakat desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah agen dan struktur dalam Teori Strukturasi yang digagas oleh Anthony Giddens. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya tindakan dan keterlibatan pada proses mitigasi bencana banjir menunjukan keseriusan terhadap pengantisiapsian bencana banjir yang terjadi di Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo. Tindakan pemerintah desa dengan melakukan mitigasi bencana banjir menjadi bentuk komitmen dalam menyelesaikan berbagai permasalahan atau dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir dan dengan keterlibatan banyak pihak membawa dampak positif terhadap percepatan proses mitigasi bencana banjir yang sedang berlangsung. Dalam proses mitigasi bencana banjir terjadi dualitas struktur atau hubungan yang saling mempengaruhi diantara agensi dan struktur. Struktur (pemerintah) pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo memepengaruhi agensi (masyarakat) pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo dengan memampukan dalam bentuk beragam tindakan dan keterlibatan struktur dalam proses mitigasi bencana banjir. Sedangkan, agensi pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo mempengaruhi struktur pada Desa Purorejo dan Desa Tegalrejo dengan keterlibatan proaktifnya dalam proses mitigasi bencana banjir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Mohamad Panjimpanjisapt@gmail.comI91219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Bencana alam
Politik
Keywords: Politik Mitigasi; Bencana Banjir; Desa Purorejo; Desa Tegalrejo
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mohamad Panji Saputro
Date Deposited: 21 Sep 2023 15:38
Last Modified: 21 Sep 2023 15:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65094

Actions (login required)

View Item View Item