Menyibak penetapan harga jual minuman kopi kekinian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Wahyu Evita (2023) Menyibak penetapan harga jual minuman kopi kekinian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Evita Rahmah_G72217054 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penetapan harga jual merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat dilakukan dengan mudah. Dalam prosesnya penetapan harga jual memperhatikan keseluruhan biaya secara rinci untuk mendapatkan harga pokok produksi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penetapan harga jual minuman kopi kekinian yang diterapkan oleh coffee shops. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan harga jual melalui proses yang panjang karena saat semua biaya sudah diperhitungkan penjual dapat menetapkan harga dengan mengambil keuntungan namun masih tetap dalam harga yang wajar dan mampu bersaing dengan coffee shops lainnya. Penetapan harga jual kopi kekinian yang diterapkan oleh coffee shops yaitu harga jual merupakan perhitungan dari keseluruhan biaya hingga menjadi suatu harga atas suatu produk yang siap dipatok/dipasang dan dipasarkan kepada konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada coffee shops untuk selalu mengedepankan strategi serta inovasi dalam menetapkan harga, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi laba yang diperoleh. Dalam sistem operasional, strategi, inovasi, dan hal lainnya yang juga menunjang harga jual sehingga mampu menutupi biaya dengan memberikan rasio kuantitas dan kualitas produk, serta keuntungan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Wahyu Evitawahyuevita46@gmail.comG72217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Bisnis
Keywords: Biaya produksi; harga jual; kopi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Wahyu Evita Rahmah
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:35
Last Modified: 20 Sep 2023 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65221

Actions (login required)

View Item View Item