Pengorganisasian pemuda karang taruna dalam pengelolaan cangkang kupang di desa Balongdowo kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Djunitasari, Adinda Cahya (2023) Pengorganisasian pemuda karang taruna dalam pengelolaan cangkang kupang di desa Balongdowo kecamatan Candi kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Cahya Djunitasari_B92219080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terdapat tiga fokus penelitian dalam Pengorganisasian Pemuda Karang Taruna Dalam Pengelolaan Cangkang Kupang Di Desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yakni, bagaimana potensi cangkang kupang Desa Balongdowo, bagaimana strategi pengorganisasian pemuda karang taruna dalam pengelolaan cangkang kupang, bagaimana relevansi antara pengorganisasian dengan dakwah pengembangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yaitu pendampingan yang berfokus pada aset dan potensi masyarakat. Pendekatan ini didasari dengan tahapan 5D yakni Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Jawaban dari fokus penelitian ini yaitu, sebanyak kurang lebih 1.000 kg aset cangkang kupang yang dihasilkan setiap hari dan belum dikelola dengan baik oleh masyarakat, strategi pengorganisasian melalui berbagai kegiatan edukasi kreatifitas kerajinan tangan dan pembentukan kelompok untuk meningkatkan penguatan pemberdayaan masyarakat, relevansi pengorganiasaian masyarakat ialah membangun kebersamaan kelompok agar mampu merubah pola pikir serta meningkatkan penguatan kapasitas kelompok pemuda kreatif dengan memanfaatkan aset cangkang kupang untuk menuju kemandirian sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Djunitasari, Adinda Cahyacahyaadinda2@gmail.comB92219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Dakwah
Kesenian
Organisasi Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Remaja
Keywords: Pengorganisasian; pendampingan; pemuda karang taruna; cangkang kupang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adinda Djunitasari
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:23
Last Modified: 27 Sep 2023 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65240

Actions (login required)

View Item View Item