Pengaruh customer relationship management (CRM) dan flywheel marketing terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening dalam prespektif etika bisnis islam pada toko arif Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Mohammad Dwi Arifan (2023) Pengaruh customer relationship management (CRM) dan flywheel marketing terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening dalam prespektif etika bisnis islam pada toko arif Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Dwi Arifan Nur_G94218200 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Arif yang diketahui jumlahnya kurang lebih sekitar 280 orang. Tenkin pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan uji hipotesis menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Untuk pengolahan datanya peneliti menggunakan program SPSS versi 24 dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan analisis jalur (Regresi Berganda). Dalam hasil penelitian ini, terbukti bahwa variabel customer relationship management (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan konsumen (Z). variabel flywheel marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan konsumen (Z).Pengaruh variabel customer relationship management (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). variabel flywheel marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). Pada variabel kepuasan konsumen (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). namun pada hipotesis ke 6 dan 7, pengaruh variabel customer relationship management (X1) dan variabel flywheel marketing (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) melalui variabel intervening kepuasan konsumen (Z) berpengaruh positif namun tidak secara signifikan. Maka dapat disimpulkan dari ke 7 uji hipotesisnya bahwa H1 = Diterima, H2 = Diterima, H3 = Diterima, H4 = Diterima, H5 = Diterima, H6 = Ditolak dan H7 = Ditolak. Untuk tinjauan etika bisnis islam dalam implementasi strategi bisnis customer relationship management dan flywheel marketing pada Toko Arif sudah sesuai dengan 5 prinsip etika bisnsi islam yang ada diantaranya adalah prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran. sehingga penerapan etika bisnis isalm pada strategi bisnis ini dapat berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Mohammad Dwi Arifanarifandwi@gmail.comG94218200
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaifuddin, Muchammadsaifuddin@uinsby.ac.id0713038601
Subjects: Ekonomi
Manajemen Strategi
Perusahaan Perdagangan
Konsumen
Keywords: Customer Relationship Management; Flywheel Marketing; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Konsumen; Etika Bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mohammad dwi arifan nur
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:45
Last Modified: 22 Sep 2023 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65269

Actions (login required)

View Item View Item