Efektivitas penggunaan bahan ajar komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Hastik Oktavikanur (2022) Efektivitas penggunaan bahan ajar komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Madiun. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hastik Oktavikanur Rahmawati_02040820024 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan bahan ajar komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam materi Hijrah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment atau disebut sebagai eksmerimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment tipe non-equivalent pretest-postest kontrol group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini adalah hasil uji t-test uji t diperoleh nilai signifikansi p(sig(2-tailed)) adalah 0,000 karena α < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima Sehingga kesimpulan yang dapat diperoleh adalah ada perbedaan signifikan penggunaan bahan ajar komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian maka kesimpulan yang didapat diambil adalah adanya efektivitas penggunaan bahan ajar komik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Hastik Oktavikanurhastikrahma@gmail.com02040820024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Sejarah
Dongeng
Keywords: Bahan ajar; komik; hasil belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmawati Hastik Oktavikanur
Date Deposited: 16 Sep 2023 15:59
Last Modified: 16 Sep 2023 15:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65322

Actions (login required)

View Item View Item