Pesan dakwah dalam film Malcolm X: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi, M. I'anur (2023) Pesan dakwah dalam film Malcolm X: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. I'anur Rofi'_B71219065 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Film yang mengisahkan tentang kisah hidup seorang (film biopik) menjadi pilihan yang pas untuk menarik hati mad’u. Sebab ia menjadikan penonton terinspirasi dengan mengetengahkan kehidupan orag ternama meskipun orang tersebut sudah tiada. Terutama jika film tersebut mengangkat kisah orang yang memiliki pengaruh besar, tidak mengherankan jika film tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu film tersebut adalah Malcolm X. Dalam karya tulis ini, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif�deskriptif menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menghasilkan adanya pesan dakwah yang disampaikan sang sutradara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang makna denotasi, konotasi, serta mitos pada film Malcolm X berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes, penulis menemukan adanya kandungan pesan dakwah meliputi pesan akhlak, akidah, dan syari’ah yang terdapat dalam beberapa scene film Malcolm X.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi, M. I'anurrofiqmuhammad194@gmail.comB71219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Malcolm X; semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. I’anur Rofi’
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:28
Last Modified: 21 Sep 2023 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65330

Actions (login required)

View Item View Item