Pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di lembaga pemasyarakatan perempuan kelas IIA Malang perspektif Maqa̅ṣid al-Shari̅‘ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Wardatul Nisa (2023) Pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di lembaga pemasyarakatan perempuan kelas IIA Malang perspektif Maqa̅ṣid al-Shari̅‘ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wardatul Nisa Aulia_C93219113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan dengan judul “Pemenuhan Hak Narapidana Perempuan yang Hamil dan Menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang Perspektif Maqa̅ṣid al-Shari̅‘ah”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah: bagaimana analisis pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang? dan bagaimana analisis Maqa̅ṣid al-Shari̅‘ah terhadap pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang bersumber pada data lapangan. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang. Hasil data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik editing, organizing dan analyzing. Selanjutnya dianalisis menggunakan menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil dari Penelitian ini adalah (1) Pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang telah terpenuhi lima hak dan satu hak yang tidak terpenuhi. Hak-hak yang telah terpenuhi diantaranya: Pelayanan kesehatan, perlakuan khusus, mengasuh anak, hak perawatan, hak pemisahan ruangan hunian. Kemudian, untuk hak yang tidak terpenuhi yakni pemberian makanan tambahan. Hal tersebut tidak dapat terpenuhi karena terbatasnya anggaran di Lapas. (2) Analisis Maqa̅ṣid al-Shari̅`ah terhadap pemenuhan hak narapidana perempuan yang hamil dan menyusui di LPP Malang tidak sejalan dengan salah satu prinsip yaitu menjaga jiwa (ḥifẓ an-nafs), karena tidak terpenuhinya hak mendapatkan tambahan makanan bagi ibu hamil dan menyusui, Hal tersebut dapat menggangu kesehatan dan mengancam jiwa narapidana serta anak narapidana. Sehingga dapat mengganggu keberlangsungan hidup manusia. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada Lapas Perempuan Kelas IIA Malang sebaiknya bisa mencari donatur untuk kebutuhan narapidana, misalnya dapat bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat yang ada di sekitar Lapas. Sehingga, kekurangan anggaran untuk pemenuhan hak bagi narapidana khususnya narapidana yang hamil dan menyusui dapat terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Wardatul Nisawardanislia2441@gmail.comC9321113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa'ah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana
Hak Asasi Manusia
Keywords: Hak narapidana; narapidana hamil menyusui; lapas perempuan kelas IIA Malang; perspektif Maqa̅ṣid al-Shari̅‘ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: wardatul nisa aulia
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:21
Last Modified: 19 Sep 2023 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65461

Actions (login required)

View Item View Item